• Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Koran
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
indoposco.id
No Result
Lihat Semua
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Gaya Hidup

Marak Penipuan Online Berkedok Paket, J&T Express Luncurkan Kampanye “Cek, Curiga, Cancel”

Dilianto - Editor Dilianto -
Rabu, 19 November 2025 - 11:15
in Gaya Hidup
WhatsApp Image 2025-11-19 at 10.06.566

J&T Express meluncurkan kampanye edukatif “3C: Cek, Curiga, Cancel” guna meningkatkan kewaspadaan publik terhadap ancaman phishing. Foto : Dokumen J&T Ekspres.

Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID — Lonjakan aktivitas belanja online di Indonesia ikut memicu meningkatnya kejahatan digital yang menyasar para konsumen. Menyikapi gelombang penipuan online yang sering mengatasnamakan perusahaan logistik, J&T Express meluncurkan kampanye edukatif “3C: Cek, Curiga, Cancel” guna meningkatkan kewaspadaan publik terhadap ancaman phishing.

Data Patroli Siber Kepolisian Republik Indonesia menunjukkan lebih dari 14.000 laporan penipuan online dalam berbagai modus yang memanfaatkan identitas perusahaan logistik. Situasi ini mendorong J&T Express untuk mengambil peran dalam mengedukasi masyarakat agar lebih cermat dalam menerima pesan atau tautan mencurigakan terkait pengiriman barang.

BacaJuga:

Suzuki Indonesia Resmikan Ekspor Perdana Fronx dan Satria ke Kawasan Asia Tenggara

Hadirkan Standar Baru Keselamatan Anak, Chery TIGGO 4 jadi Sorotan Menjelang Hari Anak Sedunia

Song Joong Ki Bersinar di Jepang Lewat Fan Meeting Penuh Kehangatan

“Melalui kampanye 3C, kami ingin mendorong masyarakat agar lebih waspada terhadap pesan, tautan, atau panggilan yang mengatasnamakan J&T Express. Perusahaan tidak pernah meminta data pribadi atau pembayaran di luar kanal resmi,” ujar Herline Septia, Brand Manager J&T Express, dikutip Rabu (19/11/2025).

Kampanye 3C terdiri dari tiga tindakan sederhana namun krusial. Yakni, cek, yang artinya perlunya verifikasi kebenaran informasi, nomor resi, dan tautan yang diterima. Curiga, yakni waspadai permintaan data pribadi, permintaan transfer dana, atau pesan terkait paket yang tidak pernah dipesan. Dan cancel, yaitu hentikan interaksi dan abaikan pesan jika terdapat unsur mencurigakan, termasuk tidak mengklik tautan yang dikirimkan.

Dalam pengamatannya, J&T Express menemukan modus penipuan paling umum berupa pesan WhatsApp atau SMS palsu terkait pengiriman paket, situs tiruan yang menyerupai halaman resmi perusahaan, hingga penipuan refund atau biaya tambahan melalui QR yang justru menguras dana korban.

“Keamanan pelanggan adalah prioritas kami. Edukasi publik mengenai phishing bukan hanya untuk melindungi pengguna layanan J&T Express, tetapi juga untuk membangun budaya digital yang lebih aman di masyarakat,” tambah Herline.

Masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center J&T Express di 021-80661888, mengunjungi website resmi www.jet.co.id, atau mengikuti akun Instagram @jntexpressid. (Srv)

Tags: J&T EkspresPatroli Siber Kepolisianpenipuan online
Berita Sebelumnya

Kebakaran Uang Rp4,6 Miliar, Ekonom Bongkar Mekanisme Risiko Pengiriman Dana

Berita Berikutnya

Penipuan Online Melonjak, AMKI Tegaskan Peran Media dalam Mengawal Keamanan Transaksi

Berita Terkait.

WhatsApp Image 2025-11-19 at 09.32.30
Gaya Hidup

Suzuki Indonesia Resmikan Ekspor Perdana Fronx dan Satria ke Kawasan Asia Tenggara

Rabu, 19 November 2025 - 10:26
WhatsApp Image 2025-11-19 at 08.04.19
Gaya Hidup

Hadirkan Standar Baru Keselamatan Anak, Chery TIGGO 4 jadi Sorotan Menjelang Hari Anak Sedunia

Rabu, 19 November 2025 - 10:05
WhatsApp Image 2025-11-18 at 18.24.14
Gaya Hidup

Song Joong Ki Bersinar di Jepang Lewat Fan Meeting Penuh Kehangatan

Selasa, 18 November 2025 - 20:33
emas
Gaya Hidup

Hari ini, Emas Galeri24 dan UBS di Pegadaian Kompak Naik Harga

Selasa, 18 November 2025 - 11:52
IMG-20251117-WA0011
Gaya Hidup

Perbedaan Krusial: Memahami Transplantasi Rambut DHI Asli vs Palsu

Senin, 17 November 2025 - 19:25
aktris-korea
Gaya Hidup

Aktris K-Drama Mengakui Memutuskan Pertunangan Karena Satu Alasan Ini

Senin, 17 November 2025 - 19:09
Berita Berikutnya
WhatsApp Image 2025-11-19 at 11.16.04

Penipuan Online Melonjak, AMKI Tegaskan Peran Media dalam Mengawal Keamanan Transaksi

BERITA POPULER

  • Survei: 76,2 Persen Masyarakat Percaya terhadap Polri

    Survei: 76,2 Persen Masyarakat Percaya terhadap Polri

    4072 shares
    Share 1629 Tweet 1018
  • Terpuruk di Liga, Persis Solo Diam-Diam Siapkan Sesuatu yang Mengejutkan

    947 shares
    Share 379 Tweet 237
  • Antusiasme Melonjak, JAECOO Serahkan Unit Perdana SUV Listrik J5 EV ke Konsumen di Seluruh Indonesia

    2779 shares
    Share 1112 Tweet 695
  • BPN Kabupaten Lebak Berhasil Lampaui Target Penyelesaian PTSL 2025

    794 shares
    Share 318 Tweet 199
  • Main Game Lebih Praktis dan Mudah: Begini Cara Manfaatkan Gemini AI di Galaxy Z Fold7

    755 shares
    Share 302 Tweet 189
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.