• Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Koran
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
indoposco.id
No Result
View All Result
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Ekonomi

Kesuksesan “Visualicious” Sebuah Gerakan Gen Z Peduli Menyuarakan Produk & Pangan Lokal Asli Indonesia

Redaksi by Redaksi
Minggu, 30 Juni 2024 - 05:33
in Ekonomi
Parara
1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FDSK Mercubuana sukses menyelenggarakan *Visualicious*, sebuah pameran desain yang mengangkat produk-produk lokal Indonesia melalui desain komunikasi visual (DKV). Acara ini berlangsung dari tanggal 28 hingga 30 Juni 2024 di PARARA Indonesian Ethical Store and Cafe, Kemang, Jakarta Selatan.

Ditemui di lokasi acara, Irfandi Masnur, S.Pd, M.Sn, Kaprodi DKV Mercu Buana menyampaikan, “Ide dan eksekusi Visualicious menunjukkan kemampuan luar biasa mahasiswa DKV Mercu Buana berkolaborasi dan sinergi dalam menggabungkan seni dan fungsi dalam desain yang merespon isu di masyarakat. Acara ini memperlihatkan bagaimana desain yang baik dapat mengangkat nilai produk lokal dan memberikan dampak nyata pada masyarakat. Saya sangat bangga dengan pencapaian mahasiswa kami.”

Selanjutnya, Novena Ulita, S.Pd, M.Sn selaku Dosen Studio 4 DKV Mercu Buana menambahkan, “Visualicious adalah pengalaman luar biasa untuk mahasiswa DKV Mercu Buana menunjukkan kreativitas mereka dalam desain kampanye media yang berdampak. Acara ini berharap dapat menginspirasi generasi muda khususnya Gen Z untuk mencintai dan mau mengenal produk serta pangan lokal Indonesia, seperti sorgum, madu, sagu, singkong, kapulaga, pala, dan produk lainnya,” ujar Ibu Novena.

Hari Pertama: Kreativitas dan Budaya Lokal

Acara dimulai dengan talkshow bertajuk “Storytelling and Visual Designing Local Products” oleh Febryan Wishnu, seorang pegiat Ekonomi Kreatif. “Menggabungkan narasi kuat dengan desain visual yang efektif sangat penting untuk mempromosikan produk lokal,” ujar Wishnu. Beliau juga menambahkan, “Desain yang efektif bukan hanya sekadar estetika, tetapi juga tentang bagaimana kita menceritakan kisah di balik setiap produk. Pameran DKV Mercubuana ini  menunjukkan bahwa desain dapat menjadi jembatan antara produk lokal dan pasar yang lebih luas, membantu mereka mendapatkan apresiasi yang layak.” Talkshow ini dilanjutkan dengan workshop pembuatan karakter wayang oleh Rizal Bay Khaqi,S.Ds,M.Sn yang mengajak peserta memahami filosofi dan teknik dasar desain wayang kemudian merancang karya yang dapat menjadi strategi bercerita dalam memperkenalkan produk lokal serta menyuarakan situasi petani lokal di Indonesia.

Hari Kedua: Proses Riset dan Perancangan Desain Mempromosikan Makanan Sehat untuk Gen Z

Hari kedua menampilkan talkshow “Research of Gen Z Empathy For Visual Concept Design” dan sesi “Exploria With Tepa” oleh Ath Thariq Kartanegara yang memperkenalkan maskot TEPA untuk mendukung promosi produk PARARA. Ditutup dengan talk “Local Food: The Fading Charm” oleh Muhammad Fais Ikhwan Roozaqy yang membahas penggunaan motion graphic untuk menghidupkan minat terhadap makanan lokal. Keduanya merupakan mahasiswa Tugas Akhir DKV Mercubuana yang terlibat dalam kegiatan kali ini.

Hari Ketiga: Inovasi dalam Pertanian dan Merancang Visuak Pada Kampanye

Hari ketiga menyoroti talkshow “Rice Up Your Life – Penggiat Pertanian Organik Bapak Sudaryanto dan Bapak Pandu” yang menekankan pentingnya pertanian organik bukan hanya pada persoalan sistem tanam, namun merupakan filosofi yang berbicara tentang keseimbangan nilai -nilai kehidupan serta dibarengi pula dengan pameran karya mahasiswa angkatan 2022 Studio IV DKV Mercu Buana Mata Kuliah Designing Media Campaign”, dengan project based learning merancang kampanye beras organik dan kampanye peduli petani lokal Indonesia sebagai bagian dari nilai keberlanjutan.

Visualicious berhasil memberikan wawasan baru dan apresiasi mendalam terhadap kekayaan budaya lokal melalui inovasi desain. Mahasiswa DKV Mercu Buana dengan bangga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung acara ini. Mari kita ciptakan sdm Gen Z yang berkualitas dengan memulai dari gerakan memilih makanan yang sehat dan asli pangan Indonesia untuk bagian dari kontribusi membangun generasi emas masa depan. (srv)

Tags: BEM FDSK Mercubuanadesain komunikasi visualGen ZPameranproduk lokal IndonesiaVisualicious
Previous Post

Pilkada DKI, PDIP Tetap Utamakan Cagub dari Kader

Next Post

Uni Eropa Larang Impor Emas, Berlian dan Minyak Mentah dari Belarus

Related Posts

swissbell
Ekonomi

Swiss-Belresidences Kalibata Jakarta Perkuat Komitmen terhadap Kesehatan Lewat Gathering

Senin, 10 November 2025 - 23:43
telkomsel
Ekonomi

Telkomsel Hadirkan Pengalaman Digital di Booth SIMPATI 5G Experience di M Bloc Space

Senin, 10 November 2025 - 22:12
beras
Ekonomi

Produksi Beras 2025 Pecahkan Rekor, Indonesia Mantap Tanpa Impor

Senin, 10 November 2025 - 21:11
telkom
Ekonomi

Telkom Catat Rebound Kuat di Bisnis Seluler, Laba Diproyeksi Tembus Rp20,88 Triliun pada 2025

Senin, 10 November 2025 - 20:12
WhatsApp Image 2025-11-10 at 18.48.51
Ekonomi

70 Persen PMI Konsumtif, Mukhtarudin Ingatkan Bahaya ‘Gagah-gagahan’ di Perantauan

Senin, 10 November 2025 - 18:54
WhatsApp Image 2025-11-10 at 17.15.26
Ekonomi

10 Tahun Kemenkeu Mengajar, Mewujudkan Literasi Keuangan dan Semangat Kebangsaan

Senin, 10 November 2025 - 17:38
Next Post
Pilkada DKI, PDIP Tetap Utamakan Cagub dari Kader

Uni Eropa Larang Impor Emas, Berlian dan Minyak Mentah dari Belarus

BERITA POPULER

  • jecoo

    Antusiasme Melonjak, JAECOO Serahkan Unit Perdana SUV Listrik J5 EV ke Konsumen di Seluruh Indonesia

    719 shares
    Share 288 Tweet 180
  • Gagalkan Aksi Curanmor di Cakung, Hansip Alami Luka Tembak di Perut

    705 shares
    Share 282 Tweet 176
  • Hasil Liga Champions: Liverpool-Bayern Menang Tipis, Arsenal-Tottenham Berpesta

    675 shares
    Share 270 Tweet 169
  • PGN Raih Penghargaan Subroto 2025, Dukung Ketahanan dan Swasembada Energi Nasional

    668 shares
    Share 267 Tweet 167
  • Hansip yang Gagalkan Curanmor di Cakung Meninggal Dunia Usai Tertembak

    662 shares
    Share 265 Tweet 166
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.