• Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
indoposco.id
No Result
Lihat Semua
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Ekonomi

Langkah Nyata untuk Masa Depan yang Lebih Hijau, Apical Gelar Kampanye Edukasi Keberlanjutan “GreenFest” Bersama RSPO dan INSTIPER

Redaksi Editor Redaksi
Kamis, 29 Februari 2024 - 14:53
in Ekonomi
Kampanye edukasi keberlanjutan kelapa sawit ‘GreenFest’ di Universitas Instiper. Foto: Dok. Apical

Kampanye edukasi keberlanjutan kelapa sawit ‘GreenFest’ di Universitas Instiper. Foto: Dok. Apical

Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Dalam sebuah inisiatif yang menggabungkan kekuatan Apical Group, pengolah dan produksi minyak sawit berkelanjutan bersama dengan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) meluncurkan kembali kampanye edukasi keberlanjutan kelapa sawit ‘GreenFest’ di Universitas Instiper.

Kampanye edukatif yang pertama diluncurkan di tahun 2023 di Universitas Trisakti di Jakarta bertujuan untuk memperkenalkan Generasi Z pada pentingnya dan manfaat produksi kelapa sawit berkelanjutan. Mengakui kepedulian lingkungan dan pola pikir “hijau” dari Generasi Z – mereka yang lahir antara tahun 1997 dan 2012 – inisiatif ini bertujuan untuk menginspirasi dan menggerakkan generasi muda untuk mendukung keberlanjutan dalam industri kelapa sawit dan melibatkan mereka untuk turut serta dalam merancang program keberlanjutan di kampusnya.

BacaJuga:

FWD Insurance Ajak Masyarakat Rayakan Hidup dengan Cara Unik Lewat #PlayMyWay

Kinerja Moncer Geo Dipa 2025, Rating ESG Naik dan Proyek Strategis Berjalan

Menkeu: Dana Bencana Sumatera Aman, APBN 2026 Siapkan Rp 60 T

Dalam acara khusus yang diadakan di Universitas Instiper pada tanggal 29 Februari 2024, Apical memperkenalkan strateginya untuk berinteraksi dengan pikiran muda dan menunjukkan peran penting kelapa sawit berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

“Generasi Z harus merasakan manfaat sawit secara langsung,” ujar Corporate Communications Apical Group, Vanda Kusumaningrum.

Dia menekankan tujuan dari kampanye ini yakni untuk memotivasi individu muda untuk mendukung produk kelapa sawit yang diproduksi secara berkelanjutan yang tidak lepas dari keseharian.

Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Apical untuk menjaga lingkungan dan upayanya untuk menunjukkan keberlanjutan kelapa sawit sesuai dengan komitmen keberlanjutan Apical 2030.

Sebelumnya, pada 17 November 2023, Apical mengadakan kampanye Green Fest di Plaza Outdoor Universitas Trisakti, dan turut melibatkan WWF Indonesia, untuk mengedukasi anak muda tentang penggunaan produk kelapa sawit – mulai dari perawatan pribadi hingga barang rumah tangga, menunjukkan keberadaannya dari pagi hingga malam.

Kelapa sawit memainkan peran penting dalam ekonomi nasional. Sejak mengungguli Malaysia pada tahun 2006, Indonesia telah menjadi produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia, dengan luas area perkebunan sekitar 15,34 juta hektare.

Sektor ini mempekerjakan jutaan orang, dari petani hingga pekerja pabrik, berkontribusi signifikan terhadap pasar tenaga kerja dan penerimaan devisa Indonesia. Pada tahun 2022, ekspor CPO Indonesia mencapai rekor tertinggi sebesar US$29,62 miliar, menandakan peningkatan 3,56% dari tahun sebelumnya, menurut Badan Pusat Statistik (BPS).

Dr. Ir. Herry Wirianata, MS., selaku dosen Fakultas Pertanian yang juga menjadi narasumber dalam acara GreenFest with Sustainable Palm Oil menyampaikan, “Keberlanjutan industri kelapa sawit harus dipastikan mulai dari proses persiapan lahan, budidaya, hingga pengolahan minyak kelapa sawit dan produk turunannya. Pada kondisi perubahan iklim yang terjadi saat ini pengelolaan industri kelapa sawit secara berkelanjutan merupakan salah satu kunci untuk mempertahankan dan meningkatkan produktivitas kelapa sawit. Pemahaman ini yang penting ditanamkan kepada mahasiswa yang nantinya akan menjadi pengelola kebun kelapa sawit di masa depan”.

“Dengan memahami manfaat komprehensif dan kebutuhan akan praktik berkelanjutan dalam produksi kelapa sawit, Gen Z dapat memainkan peran transformatif dalam membentuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan untuk industri vital ini. Sebagai konsumen, Gen Z juga diyakini akan lebih memilih untuk mengonsumsi produk yang diproduksi secara berkelanjutan”, tutup Deputy Director Market Transformation RSPO, Mahatma Windrawan.

Inisiatif Apical, bersama dengan RSPO untuk menciptakan kampanye ini bertujuan tidak hanya untuk mendidik tetapi juga untuk menginspirasi tindakan di kalangan pemuda. Saat ini Apical Group bersama dengan RSPO untuk menjaga rantai pasok yang digunakan sesuai dengan praktik keberlanjutan yang berlaku. Apical telah mencapai keberlanjutan di rantai pasok dengan komitmen 100% Tracibilty to Mills (TM), 99,8% Trability to Plantation (TTP), 91,4% No Deforestation, No Peat, and No Exploitation (NDPE). (adv)

Tags: apicalApical GroupGreenFestINSTIPERRSPO
Berita Sebelumnya

Kasus Santri Meninggal di Kediri, Kemen PPPA Pastikan Korban Dapat Keadilan

Berita Berikutnya

KemenKopUKM Dorong Pelaku Usaha Mikro untuk Dapatkan Sertifikasi Produk

Berita Terkait.

fwd
Ekonomi

FWD Insurance Ajak Masyarakat Rayakan Hidup dengan Cara Unik Lewat #PlayMyWay

Sabtu, 20 Desember 2025 - 10:33
dipa
Ekonomi

Kinerja Moncer Geo Dipa 2025, Rating ESG Naik dan Proyek Strategis Berjalan

Jumat, 19 Desember 2025 - 23:03
purbaya
Ekonomi

Menkeu: Dana Bencana Sumatera Aman, APBN 2026 Siapkan Rp 60 T

Jumat, 19 Desember 2025 - 22:12
bagus
Ekonomi

Holding UMKM Expo 2025, Jalan Baru Usaha Mikro Indonesia Menembus Pasar Dunia

Jumat, 19 Desember 2025 - 21:01
brii
Ekonomi

Bermula dari 10 Meter Kain, Kini UMKN Batik Binaan BRI Ini Tembus Pasar Internasional

Jumat, 19 Desember 2025 - 18:18
kpii
Ekonomi

Langkah Strategis KPII: Akuisisi Permata Citra Inovasi untuk Perluas Sinergi Usaha

Jumat, 19 Desember 2025 - 18:08
Berita Berikutnya
KemenKopUKM Dorong Pelaku Usaha Mikro untuk Dapatkan Sertifikasi Produk

KemenKopUKM Dorong Pelaku Usaha Mikro untuk Dapatkan Sertifikasi Produk

  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.