Olahraga

Studi: Cabang Olahraga Baru Olimpiade Catat Tingkat Cedera yang Tinggi

INDOPOSCO.ID – Atlet-atlet yang berkompetisi dalam cabang olahraga baru Olimpiade yakni BMX gaya bebas, karate, dan skateboard, termasuk di antara cabang yang tercatat mengalami tingkat kasus cedera tertinggi di Olimpiade Tokyo, demikian hasil penelitian yang dipublikasikan Rabu (14/12), dikutip dari Antara.

Tiga disiplin cabang olahraga baru tersebut masuk dalam lima besar kasus cedera terbanyak pada Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 yang digelar pada 2021 akibat pandemi Covid-19 itu.

Tinju dan balap sepeda BMX memiliki tingkat tertinggi, dengan 27 persen peserta mengalami cedera, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Baca Juga : Presiden IOC Sambut Pencalonan Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2036

Berikutnya adalah BMX gaya bebas, yang menyebabkan 22 persen atletnya cedera, diikuti skateboard 21 persen dan karate 19 persen, kata studi yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine, seperti dilansir AFP.

Cabang baru lainnya memiliki lebih sedikit cedera, termasuk panjat tebing dengan tingkat 15 persen, selancar dengan 13 persen, dan bola basket 3×3 dengan 11 persen.

Peneliti IOC telah melacak cedera dan penyakit di setiap Olimpiade sejak Olimpiade Beijing 2008. Lebih dari 11.300 atlet dari 206 kontingen dipantau di Tokyo, dengan lebih dari seribu cedera tercatat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button