Olahraga

Setelah Dipecat Haas, Nikita Mazepin Juga Masuk Daftar Hitam Uni Eropa

INDOPOSCO.ID – Mantan pebalap Formula 1 asal Rusia Nikita Mazepin mengikuti ayahnya, Dmitry, masuk ke daftar hitam sanksi dari Uni Eropa pada Rabu (8/3) setelah dipecat dari tim Haas pekan lalu menyusul invasi negaranya ke Ukraina.

Hal itu berarti Mazepin (23) tidak dapat berkompetisi pada balapan meskipun kontraknya belum usai.

Sang pebalap Rusia berbicara kepada reporter lewat video yang disiarkan dari Moskow, mengkritik Haas dan mengumumkan yayasan yang didirikan untuk mendukung atlet-atlet yang dicegah berkompetisi karena perang atau politik.

Jurnal resmi Uni Eropa menggambarkan miliarder kelahiran Belarus Dmitry Mazepin, yang mendanai karier sang anak di dunia balap, sebagai “anggota lingkaran terdekat” Presiden Vladimir Putin.

Dikatakan pula bahwa Nikita Mazepin adalah orang yang berhubungan dengan pebisnis utama (sang ayah) yang terlibat dalam sektor ekonomi yang menyediakan sumber pendapatan substansial Pemerintahan Federasi Rusia, demikian dilansir Reuters.

Berbicara kepada reporter, Nikita mengatakan ia seharusnya dapat berkompetisi dalam kapasitas netral sesuai dengan peraturan FIA.

Namun, ketika tiga kali ditanya bagaimana dia bisa netral mengingat hubungan jelas ayahnya dengan Kremlin, Mazepin menghindar menjawab pertanyaan itu.

Perusahaan pupuk kimia Uralkali, yang dimiliki sang ayah, merupakan sponsor utama tim Haas sebelum tim asal Amerika Serikat itu mencopot segala brand yang terkait saat tes pramusim di Barcelona dan mengakhiri kemitraan mereka.

Haas pada Rabu juga mengumumkan merekrut kembali mantan pebalap mereka Kevin Magnussen asal Denmark sebagai pengganti Mazepin.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button