Olahraga

Piala Dunia Dua Tahunan Bisa Tambah Pemasukan FIFA Rp63 Triliun

INDOPOSCO.ID – Delegasi FIFA mengatakan badan sepak bola dunia itu bisa mendapatkan tambahan pemasukan sebesar USD4,4 miliar (sekira Rp63,3 triliun) apabila menggolkan wacana berlangsungnya Piala Dunia secara dua tahunan.

Hal itu disampaikan dalam konferensi tingkat tinggi global bersama para pemimpin federasi sepak bola anggota, yang digelar oleh FIFA pada Senin (20/12) secara khusus untuk mendiskusikan proposal Piala Dunia dua tahunan.

Data finansial itu bagian dari hasil studi kelaikan yang disajikan FIFA pada Senin, tetapi ajang tersebut hanya berfungsi sebagai proses konsultasi tanpa ada jadwal pemungutan suara.

Berita Terkait

Baca Juga : FIFA Tuding Penentang Perubahan Piala Dunia Ketakutan

Laporan optimistis itu jelas bertolak belakang dengan sejumlah analisis yang selama ini dijadikan argumen oleh pihak- pihak yang bersikap kontra terhadap wacana itu.

Klub-klub Eropa, operator liga- liga top dan UEFA adalah salah satunya, bahkan presiden badan sepak bola Benua Biru itu, Aleksander Ceferin, sempat mengancam akan melakukan boikot apabila ada turnamen tambahan anyar.

Bulan lalu, sebuah laporan yang disusun oleh Forum Liga Dunia menyatakan wacana FIFA itu, yang juga menyangkut perubahan format Piala Dunia Antarklub dapat membuat liga- liga domestik dan UEFA kehilangan pendapatan sekira 8 miliar euro (sekira Rp129,9 triliun) per musimnya dari hak siar, pemasukan laga dan kesepakatan komersial lainnya.

Baca Juga : Pemain Bola Australia Takut Bermain di Piala Dunia 2022, Qatar. Kenapa?

Lantas UEFA, pada Jumat (17/12) lalu, menurunkan laporan yang mereka minta dari perusahaan konsultan Oliver Ohlbaum yang memperingatkan bahwa perubahan kalender laga internasional bakal berdampak terhadap penurunan pendapatan terhadap organisasi itu dalam rentang 2,5 hingga 3 miliar euro (sekira Rp40-48 triliun) dalam jangka waktu empat tahun seperti dikutip Antara, Selasa (21/12).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button