Olahraga

Lewis Hamilton Amankan Pole Position GP Arab Saudi

INDOPOSCO.ID Lewis Hamilton merebut pole position Grand Prix Arab Saudi pada Sabtu (4/12) ketika rivalnya dari tim Red Bull Max Verstappen menabrak pagar pembatas tikungan terakhir di lap pemungkasnya saat kualifikasi.

Hamilton tampak kewalahan dengan understeer di sepanjang Q3 namun ia mampu membawa mobil Mercedesnya tercepat di lap terakhir dengan catatan 1:27,511, demikian laman resmi Formula 1.

Hamilton, yang tertinggal delapan poin dari Verstappen yang memuncaki klasemen, akan ditemani oleh rekan satu timnya Valtteri Bottas yang membantu Mercedes mengunci dua posisi start baris terdepan.

Verstappen, yang berpeluang mengunci gelar juara dunia akhir pekan ini di Jeddah, tampil paling cepat dari rival-rivalnya di upaya terakhirnya di babak kualifikasi, dikutip dari Antara.

Sang pebalap Red Bull nyaris 0,2 detik lebih cepat dari catatan waktu Hamilton ketika melaju di dua sektor pertama tapi ia melewatkan kesempatan emas meraih pole position ketika ia menyenggol pagar pembatas di tikungan terakhir sehingga mengakhiri upayanya.

Catatan waktu terbaik Verstappen cukup untuk menempatkannya di P3, namun ada kekhawatiran apakah ia mengalami kerusakan girboks karena kecelakaan tersebut, yang mana apabila ada pergantian komponen akan menyebabkan ia terkena penalti mundur lima posisi start.

Charles Leclerc finis P4 untuk Ferrari di saat pebalap Red Bull lainnya Sergio Perez harus puas di P5.

“Itu terlihat seperti lap terbaik tahun ini,” kata bos tim Red Bull Christian Horner soal upaya terakhir Verstappen sebelum tabrakan. Lap yang sangat, sangat hebat. Dia tampil sangat mengejutkan.”

Verstappen tampak tak senang dengan akhir sesi yang cukup menjanjikan itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button