Olahraga

Tiga Hal Penting sebagai Catatan PON Diselenggarakan di Papua

INDOPOSCO.ID – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua menunjukkan capaian hasil yang signifikan sejak Presiden Joko Widodo melakukan redesign atas pembangunan. Ini menunjukkan fokus pembangunan yang tidak lagi bermindset Jawa sentris atau Indonesia Barat sentris.

Dosen Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC), Taufan Hunneman mengatakan, setidaknya ada tiga hal penting sebagai catatan PON diselenggarakan di Papua. Pertama, isu persatuan Indonesia bukan lagi sekedar retorika, namun nyata. Persatuan Indonesia merupakan satu realitas yang dahulu kala diperjuangan oleh para kerajaan-kerajaan nusantara dan menjadi satu imajinasi para pendiri bangsa.

“Ini yang terus diupayakan sehingga PON XX di Papua menguatkan persatuan Indonesia sebagai satu kesatuan bangsa harus terus diupayakan, dirawat dan dijaga secara terus menerus,” ujarnya kepada media melalui keterangan tertulis, Sabtu (9/10/2021).

Kedua, pemerataan pembangunan. Sentralisasi pembangunan yang berpusat di Jawa dan Indonesia bagian Barat, kemudian menjadi Indonesia sentris yang artinya pembangunan mulai difokuskan di Indonesia bagian Timur membuahkan hasil sehingga bisa diselenggarakan PON di Papua sebagai dampak pembangunan.

“Ketiga, dengan Indonesia sentris, maka diharapkan jatah kekayaan dan pendapatan juga pembangunan daerah mulai diatasi dan PON XX di Papua merupakan momentum,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button