Olahraga

Cegah Covid-19, PON XX Papua Gunakan Sistem Bubble

INDOPOSCO.ID – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan memastikan sistem gelembung atau ‘bubble’ PON XX Papua dapat diterapkan dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona pada penyelenggaraan pesta olahraga multievent nasional itu.

“Atlet, ofisial, OC, LO, petugas asrama, petugas transportasi harus tinggal di tempat yang sama. Dipastikan petugas kesehatan dan petugas pengamanan tersedia untuk mengawasi berjalannya sistem bubble,” menurut lampiran hasil rapat Koordinasi PON dengan lintas kementerian/lembaga pada Jumat (27/8/2021) di Jakarta, Minggu (29/8/2021).

Sistem gelembung tersebut diberlakukan untuk membatasi kontak dengan orang lain di luar kelompok. Mitigasi risiko penularan Covid-19 juga dilakukan melalui peningkatan sosialisasi buku panduan pengendalian Covid-19 kepada penyelenggara, atlet, ofisial dan masyarakat.

PB PON XX Papua telah menerbitkan tiga buku pedoman pelaksanaan PON, yakni berjudul “Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 PON XX Papua tahun 2021,” “Pedoman Pelayanan Kesehatan PON XX Papua tahun 2021” dan “Paduan Pengawasan Doping PON XX Papua tahun 2021.”

PB PON bersama Dinas Kesehatan Papua juga akan menyediakan APD petugas lapangan, cairan pembersih tangan (hand sanitizer), sabun cuci tangan dan sarana kebersihan lainnya untuk atlet, serta menyiapkan fasilitas tes rapid antigen di setiap arena dan wisma atlet.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button