Olahraga

Matthijs de Ligt Dikartu Merah, Belanda Kalah 0–2 dari Ceko

INDOPOSCO.ID – Tim nasional Belanda gagal melangkah ke perempat final Euro 2020 usai disingkirkan Republik Ceko dengan skor 2-0 di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hongaria, Minggu atau Senin (28/6/2021). Dengan hasil ini, Ceko akan menantang Denmark di babak perempat final. Sementara tim Oranye tiba yang menyandang status salah satu unggulan juara Euro 2020 harus masuk kotak.

Seperti dilaporkan Antara, Senin (28/6/2021) sebenarnya pertandingan babak pertama berlangsung relatif terbuka dengan kedua tim tanpa ragu melancarkan serangan, tetapi baik Belanda maupun Ceko gagal memecahkan kebuntuan hingga turun minum.

Situasi berubah ketika pertandingan harus dilanjutkan 11 lawan 10 akibat kartu merah yang diterima bek Belanda Matthijs de Ligt. Wasit menghukum De Ligt saat Belanda mendapat serangan balik yang membuat barisan pertahanan Belanda kalang kabut dan De Ligt yang terjatuh dalam kotak penalti dan terpaksa menghentikan laju bola dengan tangannya.

Wasit Sergei Karasev awalnya hanya menghadiahi kartu kuning untuk De Ligt, tetapi setelah mendapat masukan dari VAR dan meninjau langsung tayangan ulang di monitor tepi lapangan pengadil asal Rusia itu menaikkan hukumannya jadi kartu merah dan memaksa Belanda melanjutkan laga hanya dengan 10 pemain sejak menit ke-55.

Situasi 11 lawan 10 membuat Ceko lebih agresif melancarkan serangan dan pada menit ke-64 Pavel Kaderabek menerima umpan silang di dalam kotak penalti, beruntung bagi Belanda Dumfries sukses melakukan halauan untuk menghadang bola tembakan bek TSG Hoffenheim tersebut.

Kerja keras Ceko memanfaatkan situasi yang timpang akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-68 untuk merebut keunggulan melalui gol Holes. Berawal dari situasi tendangan bebas, Kalas mengirimkan umpan sundulan menyilang yang segera ditanduk oleh Holes untuk menjebol gawang Belanda.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button