Olahraga

Ini Momen Cantik 16 Tim Lolos Euro 2020

INDOPOSCO.ID – Usai menuntaskan pertandingan terakhir fase grup masing-masing dua hari lalu, pada Sabtu (26/6/2021) atau besok pukul 23.00 WIB, Timnas (Tim Nasional) Wales dan Denmark akan mengawali petualangan 16 negara dalam babak 16 besar Euro 2020.

Hanya Timnas Italia, Belgia, dan Belanda yang sudah memastikan diri lolos ke 16 besar jauh sebelum pertandingan terakhir fase grupnya digelar. Ketiganya juga mengumpulkan nilai sempurna sembilan poin setelah menyapu tiga pertandingan fase grupnya.

Tapi ada satu pertandingan yang dijalani masing-masing 16 tim tersebut yang paling menentukan perjalanan mereka ke 16 besar. Dan ini layak dinikmati di antaranya

Wales. Pertandingan kedua melawan Turki yang berakhir 2-0 adalah laga yang turut menentukan nasib Wales. Laga ini juga menjadi lonceng peringatan untuk Denmark dan calon-calon lawan berikutnya, jika Wales bisa melalui 16 besar, bahwa Gareth Bale belum pudar, dia masih cemerlang dulu. Gol Aaron Ramsey dan Connor Roberts tercipta karena akurasi Bale dalam mengumpan, ketekunan dia dalam terus mengancam lawan dan tentu saja visi bertandingnya yang kuat.

Lalu Belgia. Semua dari ketiga laga fase grup nikmat untuk disaksikan, namun yang paling sensasional adalah pertandingan keduanya ketika mengalahkan Denmark 2-1. Ketenangan mereka saat menekan dan juga saat membendung serangan lawan, bahkan ketika sudah tertinggal 0-1, berbuah besar pada babak kedua.

Tetapi tanpa playmaker Kevin de Bruyne mungkin nasib mereka akan lain. Pemain Manchester City ini masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua, dan langsung memberikan dampak dengan menciptakan satu assist dan satu gol. Portugal mesti menaruh perhatian besar kepada faktor de Bruyen dalam laga 16 besar nanti seperti dilansir Antara.

Swiss. Kemenangan 3-1 atas Turki bisa dibilang laga paling penting Swiss. Dalam laga inilah mereka akhirnya mempertontonkan potensi mereka dalam turnamen ini, sekalipun tak seperti Italia dan Wales yang menjadi juara dan runner-up grup, Swiss harus menunggu beberapa jam sebelumnya dinyatakan lolos ke 16 besar sebagai salah satu dari empat tim berperingkat tiga terbaik. Swiss akhirnya melepaskan belenggu fase grup setelah gagal melangkah lebih jauh dari fase grup pada Euro 2016, dan juga Piala Dunia 2014 dan 2018.

Italia. Pertandingan menentukan Azzurri adalah saat mengalahkan Swiss 3-0 dalam pertandingan pertamanya di Grup A. Tim asuhan Roberto Mancini sudah mengantongi tiga poin sebelum pertandingan melawan Swiss ini kickoff.

Mancini mengisi skuadnya dengan dua gladiator lini belakang berpengalaman Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci, yang dikombinasikan dengan pemain-pemain muda berbakat nan berani.

Gol pembuka mereka ke gawang Swiss adalah yang paling istimewa yang dihasilkan dari kombinasi keterampilan, kecepatan dan kecerdikan Domenico Berardi di sayap kanan yang mengawali terciptanya gol Manuel Locatelli. Bersama bek kiri Leonardo Spinazzola, Berardi selalu menguji batas ketahanan lawan-lawan Azzurri.

Belanda. Pertandingan kedua melawan Austria yang berakhir 2-0 membuat Belanda memastikan ke 16 besar dan mempertinggi keyakinan mereka bahwa jalur juara Eropa tengah mereka tapaki.

Masuknya lagi bek Matthijs de Ligt mengokohkan pertahanan Belanda, dan penampilan cemerlang bek kanan Denzel Dumfries yang merancang satu gol dan menciptakan satu gol lainnya, memberi pesan kepada semua lawan bahwa Belanda siap menerkam siapa pun.

Denmark. Tentu saat menang 4-1 atas Rusia pada pertandingan terakhirnya menjadi laga terbaik Dinamit Denmark. Pesta gol yang diawali pemain muda pengisi tempat Christian Eriksen yang dirundung tragedi tumbang karena serangan jantung dalam laga pertama, Mikkel Damsgaard, sejauh ini menjadi kisah paling menarik dalam Euro 2020. Kisah nestapa yang berubah menjadi akhir membahagiakan. Benar-benar dongeng.

Ukraina. Sudah tentu pertandingan kedua melawan Makedonia Utara ini yang berakhir 2-1 ini adalah yang paling penting karena satu-satunya yang mempersembahkan poin bagi Ukraina. Andriy Yarmolenko membuat satu gol dan satu assist yang mengakhiri enam kekalahan berturut-turut Ukraina dalam pertandingan putaran final Piala Eropa. Dan kemenangan ini yang membuat Ukraina untuk pertama kalinya menghirup atmosfer fase knockout Euro, walaupun nasib baru diketahui persis setelah pertandingan terakhir fase grup Euro 2020 berakhir.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button