Nusantara

Pelayanan di Kantor BPN Lebak Makin Modern, Warga Mengaku Puas

INDOPOSCO.ID – Kebutuhan masyarakat yang terus berkembang atas pelayanan yang baik dan modern dalam urusan pertanahan harus diimbangi dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman.

Menjawab tantangan itu, Kantor Pertanahan atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terus berbenah diri dengan menyedikan ruangan pelayanan yang membuat masyarakat yang membutuhkan pelayanan betah dan nyaman.

Kantor BPN yang teletak di Jalan Jenderal Sudirman Km 03, Narimbang Mulia, Kecamatan Rangkasbitung itu telah menyediakan sejumlah fasilitas untuk memberi kenyamanan kepada masyarakat yang datang untuk mengurus surat pertanahan.

Selain ruangan tunggu kantor pelayanan yang dilengkapi dengan wifi dan AC, tetapi juga disiapkan sofa yang empuk dan berbagai fasilitas lainnya. Tidak hanya itu, disiapkan juga gerai UMKM yang menjual produk usaha lokal kepada pengunjung BPN yang tengah mengurus surat pertanahan di Kantor BPN Lebak.

“Adanya gerai UMKM ini adalah salah satu upaya dari kami membantu pelaku UMKM di Lebak dalam memasarkan produk kepada konsumen, dengan memberikan fasilitas untuk memasarkan produk mereka di dekat loket pelayanan,” ungkap Kepala BPN Lebak Aan Rosmana kepada indopos.co.id, Kamis (12/9/2024).

Aan menambahkan, produk-produk yang dijual di gerai UMKM BPN Lebak itu adalah produk lokal.

“Ini sebagai bentuk dukungan kami untuk membantu masyarakat pelaku UMKM,” ujarnya.

Aan menambahkan, untuk mencegah pungli di kantor BPN, pihaknya telah memasang banner dan spanduk supaya masyarakat terhindar dari pungli. Selain itu, pihaknya mewajibkan semua tamu supaya mengisi buku tamu.

Seluruh pelayanan melalui loket diwajibkan hanya di front office, tidak boleh back office. Untuk setiap pembayaran juga tidak boleh dilakukan di BPN.

“Pemohon yang datang untuk mendaftar diberikan billing untuk membayar di bank yang ditunjuk,” jelasnya.

Ujang Saprudin (43), seorang pemohon dari Kecamatan Cimarga yang sedang mengurus sertifikat tanahnya, mengaku ada perubahan yang signifikan pelayanan di Kantor BPN Lebak.

“Sekarang pelayanan jauh lebih baik dan ketat namun tidak ada biaya tambahan. Pelayanan seperti inilah yang selama ini diharapkan oleh masyarakat,” ujar Ujang.

Hal senada dikatakan Lina, warga Pasir Gendok, Kecamatan Cibadak yang mengaku mendapatkan pelayanan prima di BPN Kabupaten Lebak yang dipimpin oleh Aan Rosmana tersebut.

“Sambil menunggu surat yang saya urus selesai, saya menunggu di loket prioritas dengan fasilitas AC yang disediakan oleh BPN,” kataya. (yas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button