Nusantara

LPM Dompet Dhuafa Ajak Puluhan Anak Yatim Jelajah Banyumas, Edukasi Sejarah dan Tata Lingkungan

INDOPOSCO.ID – Sambut bulan Muharam, Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa menghadirkan kegiatan jalan-jalan bersama adik yatim bertajuk Young Travelling ‘Bahagia Menjelajah Keragaman’. Kegiatan ini dilakukan pada Jumat-Sabtu, 5-6 Juli 2024 dengan mengajak 60 anak yatim Jabodetabek, menjelajahi beragam destinasi wisata salah satunya Purwokerto, Jawa Tengah.

Yang menarik dari perjalanan kali ini, peserta diajak ke Pabrik Nopia & Mino Pak Narwan, TPST Kedungrandu, Museum Jenderal Soedirman serta alun-alun kota Purwokerto.

Tujuan ke pabrik Nopia dan Mino adalah mendekatkan anak-anak terhadap sentra bisnis berbasis makanan tradisional yang telah menjadi ikon wilayah Banyumas dalam kuliner.

Selain itu anak-anak dapat menyaksikan proses pembuatan hingga dijajakan di toko.

Anak-anak juga diajak jelajah ke TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu) di Kedungrandu, Banyumas.

“Di lokasi ini anak-anak dapat mempelajari alur pengelolaan sampah yang tepat dan berguna bagi masyarakat sekitar. Siapa sangka, ditempat yang teduh dan rapi ini adalah salah satu tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) di Kabupaten Banyumas. Disini sampah dipilah antara high value (rongsok) dan organik serta an-organik dengan dicacah menggunakan mesin gibrik,” ujar Kamaludin selaku Kepala LPM Dompet Dhuafa.

Kamal juga berharap kepada puluhan anak-anak yang ikut serta, bisa diaplikasikan suatu saat ini dan menjadi motivasi dalam membangun kawasan dengan pengelolaan sampah terbaik.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button