Nusantara

Pemadaman Kebakaran Hutan di Gunung Batok Terkendala Angin Kencang

INDOPOSCO.ID – Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Batok di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur dilaporkan terkendala angin kencang.

Ketua Tim Data Evaluasi Kehumasan Balai Besar TNBTS Hendra Wisantara mengatakan kebakaran di Gunung Batok yang tepat berada di samping Gunung Bromo tersebut, juga terkendala topografi yang menyulitkan personel gabungan.

“Untuk kendala yang dihadapi adalah topografi dan angin kencang,” katanya seperti dilansir Antara, Sabtu (22/6/2024).

Ia menjelaskan hingga malam hari, petugas gabungan masih terus berupaya mengendalikan api dan melakukan pemadaman api di lokasi di perbatasan antara Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo tersebut.

Dalam upaya untuk menangani kebakaran di Gunung Batok tersebut, Balai Besar TNBTS menerjunkan tim gabungan yang melibatkan Masyarakat Peduli Api (MPA), TNI, Polri, Masyarakat Mitra Polisi Hutan (MMP), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari sejumlah wilayah.

“Petugas gabungan sampai saat ini masih tetap berupaya untuk mengendalikan dan melakukan pemadaman di lokasi,” katanya.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani menambahkan kondisi saat ini api masih menjalar di sisi barat Gunung Batok yang memiliki ketinggian 2.440 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button