Nusantara

Tanam 15.000 Bakau dan Lepas 100 Tukik di Hari Nusantara

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 15.000 bibit pohon bakau ditanam dan 100 ekor tukik penyu hijau dilepasliarkan di pesisir pantai Dusun Melai Oneh, Desa Matohara, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dalam rangkaian Hari Nusantara yang akan diperingati pada 13 Desember 2022.

Bupati Wakatobi Haliana di Wakatobi, Senin, mengatakan kegiatan menanam bakau dan pelepasan tukik ini merupakan upaya untuk memulihkan sekaligus bentuk perlindungan terhadap ekosistem biota laut yang berada di wilayah Wakatobi.

“Ini langkah memulihkan, bentuk perlindungan dari ekosistem. Dan juga sebagai upaya konservasi di wilayah Wakatobi,” kata Haliana.

Berita Terkait

Dia menjelaskan bahwa penanaman pohon bakau juga diikuti oleh kalangan masyarakat baik pelajar sekolah dasar hingga menengah atas, dan juga oleh warga sekitar.

Haliana menyebut hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat setempat agar terus menjaga alam, khususnya wilayah laut yang tumpuan hidupnya bersumber dari laut.

“Sebanyak 97 persen wilayah Wakatobi adalah laut, akan sangat terbuang harapan hidup bila laut kami abaikan. Sehingga penanaman mangrove di samping untuk kembalikan fungsi ekologi dan menjadi penyumbang oksigen, juga sebagai perlindungan masyarakat kami,” kata Haliana.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button