Nusantara

Pemprov Jatim Cegah Penyakit LSD pada Hewan Ternak

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) mengupayakan pencegahan penyakit hewan ternak baru, yakni Lumpy Skin Desease (LSD), setelah ditemukan kasus di Kendal, Jawa Tengah.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Senin, menjelaskan LSD disebabkan oleh virus pox menyerang hewan ternak sapi, kerbau dan jenis ruminansia liar.

”Kasus LSD yang menyerang sapi pertama kali muncul di Indonesia, tepatnya di Provinsi Riau pada Februari 2022. Dua pekan lalu, penyakit LSD dilaporkan sudah masuk di Kendal, Jawa Tengah,” kata Khofifah.

Baca Juga : Pengamat Nilai Penolakan Laporan Aremania Kontraproduktif

Untuk itu, Gubernur Khofifah meminta seluruh kepala daerah, utamanya Kepala Dinas Peternakan kabupaten/kota di Jatim agar mengambil tindakan konkrit.

Langkah kongkrit yang dimaksud adalah mempercepat vaksinasi LSD pada sapi perah maupun sapi potong di Jatim. ”Apabila ada sapi di Jatim yang terindikasi terinfeksi LSD atau sudah tertular dengan vektornya, segera dilakukan tindakan nyata, salah satunya memberikan vaksin,” ujar dia.

Gubernur Khofifah mengatakan penyebaran penyakit LSD berbeda dengan penyakit mulut dan kuku (PMK). Penyakit PMK penyebarannya melalui udara, sedangkan LSD ditularkan oleh vektor meliputi nyamuk, lalat penghisap darah dan juga caplak.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button