Nusantara

Pemkot Madiun Waspadai Bencana Hidrometeorologi

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, mewaspadai potensi terjadinya bencana alam hidrometeorologi di wilayahnya saat musim hujan dengan melakukan apel kesiapsiagaan bencana dan menyiapkan personel yang tanggap.

“Bencana tidak bisa direncanakan, datangnya juga tidak bisa diprediksi. Karenanya, kitalah yang harus terus waspada. Maka kita siapkan semuanya sejak awal,” ujar Wali Kota Madiun Maidi usai memimpin Apel Bersama Siaga Bencana Hidrometeorologi di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Kota Madiun, Selasa.

Menurut dia, petugas BPBD Kota Madiun dan OPD terkait lainnya langsung bergerak sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Mulai pengecekan aliran sungai termasuk sampah dan pengerukan sedimen, pengecekan dan pemangkasan pohon-pohon besar, dan potensi kebencanaan lainnya.

Berita Terkait

Potensi bencana masih tetap ada di Kota Madiun. Mulai banjir, angin puting beliung, hingga pohon tumbang. Karenanya, pemda setempat terus berupaya mengambil langkah antisipasi.

Baca Juga: Frekuensi Bencana Tertinggi di Indonesia Ada di Kabupaten Bogor

Wali Kota ingin memastikan kesiapan petugas dan juga peralatannya. Setidaknya, ada 300 lebih personel gabungan dari pemda, TNI, Polri, dan relawan setempat yang dipersiapkan untuk mengantisipasi serta melakukan tindakan saat terjadi kedaruratan.

Selain personel, semua peralatan juga diperiksa. Mulai mesin pemotong sampai kendaraan berat. Wali kota menyebut peralatan tersebut siap didatangkan ke lokasi maksimal 30 menit.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button