Nusantara

PWI Papua Barat Siapkan Sanksi bagi Wartawan Penerima Upeti Tambang Ilegal

INDOPOSCO.ID – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua Barat menegaskan pihaknya akan mengambil sikap untuk melakukan peneguran keras hingga mencabut keanggotaan wartawan yang menerima upeti dari tambang emas ilegal di Manokwari.

Tindakan itu, kata Ketua PWI Provinsi Papua Barat Bustam di Manokwari, Rabu, akan diambil dan diteruskan ke PWI Pusat agar tahu masalah tersebut.

“Saya sudah dapat data, dan penerima data dari tambang emas ilegal itu tidak ada nama wartawan di Manokwari. Informasi yang kami juga terima, banyak orang yang mengaku sebagai wartawan dan medianya tidak jelas dengan berbagai cara ikut sebagai penghubung di sana,” kata dia.

Media massa yang tidak jelas asal usulnya, kata Bustam, juga akan dilaporkan ke Dewan Pers untuk ditertibkan.

Jika seorang wartawan bersikap profesional, menurut dia, tidak akan ada wartawan yang mau menerima upeti, apalagi dari tambang emas yang statusnya sejauh ini ilegal.

Bustam menyebut kemungkinan besar penerima upeti dari tambang emas ilegal bukanlah wartawan dari Manokwari, melainkan dari luar Papua Barat yang terbiasa masuk di lokasi tambang untuk meminta upeti agar tidak menulis persoalan yang muncul akibat keberadaan tambang emas ilegal.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button