Nusantara

Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Kepulauan Sangihe

INDOPOSCO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa bumi mengguncang wilayah Laut Sulawesi, yakni di Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pada Ahad (25/9) 2022 pukul 18.16.33 WIB dengan magnitudo 5,5 dan kedalaman 135 kilometer.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Ahad menjelaskan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter terkini dengan magnitudo 5,2.

Daryono mengemukakan episenter gempa terletak pada koordinat 4,33 LU, 126,14 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 74 kilometer arah barat laut Kota Melonguane, Sulawesi Utara pada kedalaman 135 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng laut Filipina,” katanya.

Ia menambahkan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar-naik atau oblique-thrust fault.

Baca Juga: Gempa di Kepulauan Mentawai Diikuti Gempa Susulan M 5,3

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button