Nusantara

Sebanyak 200 Dai dan Khatib di Surabaya Sepakat Lawan Intoleransi

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 200 orang dai, khatib, dan perwakilan ormas Islam menghadiri silaturahmi di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis, untuk berkomitmen melawan intoleransi dan radikalisme.

“Silaturahmi ini untuk memperkuat Islam Wasathiyah untuk mewujudkan Indonesia damai dan cinta tanah air,” kata Kanit I Kontra Ideologi Direktorat Pencegahan Densus 88 AT Polri AKBP Moh. Dofir dalam sambutannya.

Silaturahmi kali ini digelar Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri bersinergi dengan Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, Pemkot Surabaya, dan instansi lainnya.

Menurut Dofir, radikalisme merupakan lahan subur untuk berkembangnya kejahatan terorisme dan salah satu indikator yang menjadi bibit radikalisme, yaitu intoleransi.

“Sikap intoleransi merupakan bentuk pengingkaran terhadap kebinekaan dan bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila maupun norma-norma agama yang beradab,” kata dia, seperti dikutip Antara, Kamis (15/9/2022).

Dofir menyebutkan salah satu hal yang sangat mendasar untuk memerangi terorisme dan radikalisme adalah mengembangkan sikap toleransi dan menghilangkan eksklusivisme kelompok.

Baca Juga: DPRD DKI Awasi Penanganan Intoleransi di Lembaga Pendidikan

Ia mengemukakan strategi kontra radikalisme adalah masyarakat umum, pelajar, dan tokoh masyarakat dengan bertujuan menanamkan nilai keindonesiaan dan nilai kedamaian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button