Nusantara

Kemenkumham Beri Dukungan Pelestarian Musik Gambus di Sultra

INDOPOSCO.ID – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM memberikan dukungan terhadap perlindungan dan pelestarian musik Gambus yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) sehingga dapat diwariskan ke generasi penerus dan tidak diklaim oleh negara lain.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba di Kendari, Sabtu, mengatakan sebagai bentuk perlindungan musik warisan budaya tersebut pihaknya telah menerbitkan Hak Kekayaan Intelektual kepada musik tersebut yang ada di Sultra.

“Irama gambus ini rakyat, tetapi belum dicatat dan diakui secara resmi oleh negara, Jangan sampai kita terlambat, ini jangan sampai negara luar dia mengklaim bahwa ini ciptaannya. Ini budaya kita,” katanya.

Berita Terkait

Sebagai bentuk dukungan pelestarian musik gambus, Ia mengaku akan mengajak musisi gambus yang telah mendapatkan Surat Pencatatan Ciptaan untuk masuk dapur rekaman di Jakarta.

Baca Juga : 40 UPT Pemasyarakatan Percontohan Layanan Kesehatan Ditetapkan

Menurutnya, kearifan lokal seperti musik gambus harus perlu dilestarikan, sebab itu merupakan salah satu bagian dari kekayaan intelektual yang dimiliki oleh negara khususnya di Sulawesi Tenggara.

Dia mengajak untuk mendukung dan melestarikan musik gambus yang merupakan suatu kebanggaan tradisi dari leluhur atau nenek moyang sehingga tidak diklaim pihak lainnya seperti yang terjadi pada musik Sasando dari Nusa Tenggara Timur (NTT) namun diklaim oleh Sri Lanka.

“Musik gambus ini sungguh lahir dari rahim, dari darah mengalir tradisi leluhur nenek moyang nusantara Indonesia Raya. Ini harus kita gelorakan, membumikan bahwa betul-betul irama gambus ini harus menjadi kebanggaan karya anak bangsa,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button