Nusantara

Pendapatan Pajak Daerah di Kaltara Mencapai Rp319,4 Miliar

INDOPOSCO.ID – Realisasi pendapatan pajak daerah di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) tercatat mencapai Rp319,4 miliar atau 77,64 persen dari target murni pendapatan daerah Pemprov Kaltara tahun 2022 sebesar Rp411,3 miliar.

“Capaian pendapatan pajak daerah kita sudah mencapai 77,64 persen. Ini menunjukkan aktivitas ekonomi di Kaltara yang mulai membaik,” kata Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa (9/8), dikutip dari Antara.

Penerimaan pajak tersebut berasal dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar Rp43,7 miliar serta Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) sebesar Rp60,1 miliar.

Kemudian, Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) sebesar Rp177,3 miliar, Pajak Air Permukaan (PAP) sebesar Rp1,8 miliar dan Pajak Rokok sebesar Rp36,2 miliar.

Zainal optimistis capaian pajak daerah tahun ini dapat melampaui target pada akhir 2022, seiring dengan aktivitas ekonomi di daerah yang mulai membaik.

Sementara Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tomy mengungkapkan, pihaknya secara rutin melakukan monitoring dan evaluasi ke sejumlah Payment Point-Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) yang ada di wilayah Kaltara untuk optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca Juga: Pajak Mati Dua Tahun Jadi Kendaraan Bodong segera Diterapkan

Pada masing-masing UPTD, lanjut dia, telah disampaikan agar terus berinovasi dalam mengejar target yang telah ditetapkan, khususnya pada sektor PKB, BBNKB dan PAP.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button