Nusantara

Transportasi Publik Jadi Layanan Utama Pergerakan Orang di IKN

INDOPOSCO.ID – Transportasi publik akan menjadi layanan utama pergerakan orang dan barang di Nusantara, ibu kota baru negara (IKN) Republik Indonesia yang dibangun di Sepaku-Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Kendaraan yang digunakan juga yang ramah lingkungan dan tidak menghasilkan emisi. Untuk dalam kota akan digunakan bus listrik, sepeda, dan sepeda listrik. Kendaraan atau mobil-mobil listriknya juga dirancang dapat berjalan dengan kemudi oleh sistem alias otomatis tanpa sopir. Bahkan lama perjalanan juga ditentukan, yaitu 10 menit perjalanan maksimal ke fasilitas-fasilitas penting kota dari simpul transportasi atau terminal.

“Sehingga semua bisa sangat hemat dan efisien,” kata Pemimpin Tim Penyusun Rencana Induk Sistem Transportasi Cerdas di IKN, Resdiansyah, dalam suara pers yang diterima di Balikpapan, Jumat (15/7).

Pada pengaturan lalu lintas, baik di persimpangan atau parkir, atau di bagian-bagian mana yang perlu diatur atau dijaga dan diawasi, akan dilakukan secara digital dan elektronis, dengan kamera cctv dan aplikasi perhitungan komputer.

Termasuk juga di dalamnya dalam hal penanganan pelanggaran lalu lintas ataupun kecelakaan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button