Nusantara

Disdukcapil Kabupaten Serang Permudah Masyarakat Urus Dokumen dengan Sistem Online

INDOPOSCO.ID – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang telah membuat inovasi dengan menerapkan sistem online untuk mengurus dokumen kependudukan .

Hal itu dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan seperti pembuatan kartu keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KT) dan akta kelahiran.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Serang Abdullah, S.Sos, M.Si melalui Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Serang Drs. Jajang Kusmara, M.Pd menjelaskan, saat ini Disdukcapil Kabupaten Serang sudah memberlakukan sistem online untuk mengurus dokumen kependudukan. Selain itu, arsip- arsip kependudukan pun sudah berbentuk digital.

Meski demikian, pihaknya belum memberikan nama sistem online tersebut, karena keputusannya ada Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

“Kalau untuk nama sistem online belum ada ,tapi gambarannya seperti Digital ID, tapi nanti yang menentukan Dirjen Dukcapil,” ujar Jajang, Rabu (6/7/2022).

Dalam sistem online pun sudah tertera nomor petugas. Sehingga sistem online ini pun masyarakat mau tidak mau harus mengikuti era digital.

“Nomor Whatsapps petugas sudah tertera, jadi masyarakat mau tidak mau harus siap, karena masyarakat akan tertinggal jika tidak mengikuti perkemangan ini. Nantinya tidak ada cerita blangko habis atau kertas habis ketika akan dicetak,” paparnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button