Nusantara

Cegah Kekerasan Seksual, Lebak Target Seluruh Ponpes Ramah Anak

INDOPOSCO.ID – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak Provinsi Banten menargetkan seluruh pondok pesantren (ponpes) ramah anak guna mencegah tindakan kekerasan seksual.

“Kita secara bertahap ponpes di daerah ini dapat merealisasikan ramah anak, ” kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak H Badrusalam di Lebak, Minggu.

Ponpes di Kabupaten Lebak yang sudah merealisasikan ramah anak masih relatif kecil dan terus ditingkatkan.

Proses pembelajaran santri di lingkungan ramah anak tentu lebih nyaman, aman, kondusif dan konsentrasi untuk menimba ilmu agama.

Saat ini, kata dia, sekitar puluhan ponpes yang sudah memiliki prasarana ramah anak.

Prasarana ponpes ramah anak itu di antaranya pola pembelajaranya dan asrama tempat tinggal terpisah antara santri laki-laki dan perempuan.

Selain itu juga pengajarnya jika perempuan maka ditangani oleh perempuan dan sebaliknya bila laki-laki ditangani oleh laki-laki.

Baca Juga: Polisi Tangkap Ayah Cabuli Anak Kandung di Aceh Besar

Kemenag Lebak terus mengoptimalkan pembinaan dan pengawasan terhadap kiai dan ustad pengelola ponpes untuk memberikan perlindungan dan rasa aman bagi santri yang tengah mendalami ilmu agama Islam agar tidak menjadi korban kekerasan.

“Kita minta pengelola ponpes agar bisa membangun sarana lingkungan ramah anak, ” katanya menjelaskan.

Menurut dia, jumlah ponpes di Kabupaten Lebak berdasarkan data 2021 tercatat 2.020 unit tersebar di 28 kecamatan, namun sebagian besar dikelola secara tradisional atau Salafi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button