Nusantara

Menyaksikan Ritual Adat Tahunan Labuh Laut Sembonyo di Trenggalek

INDOPOSCO.ID – Warga dan wisatawan lokal maupun luar daerah ramai menyaksikan ritual adat tahunan labuh laut atau larung “Sembonyo” yang digelar masyarakat nelayan di kawasan Teluk Prigi, Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (18/66/2022).

Bahkan sejak Jumat (17/6) malam hingga Sabtu sore, warga dan wisatawan yang ingin menyaksikan prosesi adat pesisir Teluk Prigi terus berdatangan. Jalur wisata padat lalu lalang orang maupun kendaraan.

Sementara di pinggir area kolam labuh warga dan wisatawan rela berdesakan demi bisa menyaksikan rangkaian sembonyoan, hingga dua buceng (tumpeng besar) diseret perahu ke tengah laut lepas. Kerumunan warga juga tidak hanya terjadi pada kegiatan Prigi Carnival dan Larung Sembonyo saja.

Berita Terkait

Momentum selamatan Sembonyo Teluk Prigi pada malam sebelum larung juga menjadi perhatian warga. Apalagi dalam acara tersebut terjadi pemecahan rekor MURI, penyajian Lodho Sego Gurih terbanyak.

“Tradisi sembonyo menjadi upacara adat yang akan terus dijaga oleh masyarakat nelayan Trenggalek, khususnya yang beroperasi di sekitar Pelabuhan Prigi,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek Novita Hardini dalam pidato sambutannya mewakili sang suami, Bupati Mochammad Nur Arifin.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button