Nusantara

Sail Teluk Cenderawasih Angkat Potensi Wisata Bahari Papua

INDOPOSCO.ID – Pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023 (STC) merupakan upaya pemerintah Kabupaten Biak Numfor untuk mengangkat potensi wisata bahari dan budaya asli Papua dalam rangka menarik kunjungan wisatawan mancanegara.

Wilayah Biak Numfor berada di kawasan Timur Indonesia yang kaya akan potensi perikanan, pariwisata dan budaya masuk dalam kawasan wilayah kepulauan Pasifik.

Penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih dalam rangka percepatan pembangunan dan pengembangan potensi sumber daya kelautan dan pariwisata Indonesia.

Sasaran kegiatan Sail ini sejalan dengan sembilan agenda prioritas pemerintah yang disarikan dalam istilah “Nawacita Presiden Joko Widodo”, terutama di butir tiga membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia.

Serta butir ke-7 Nawacita untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Potensi bahari

Wilayah Taman Nasional Teluk Cenderawasih, kaya dengan populasi ikan hias terbesar di dunia, terumbu karang, padang lamun, hutan mangrove.

Berbagai bentang alam pesisir atau coastal landscape yang unik dan menakjubkan sehingga bakal menjadi daya tarik sangat besar bagi wisatawan.

Baca Juga: Jayapura Diguncang Gempa

Pulau Biak dipilih tempat penyelenggaaan Sail Teluk Cenderawasih tidak hanya memiliki potensi bahari dan pariwisata namun wilayah ini memiliki jejak-jejak sejarah Perang Dunia II dan kekayaan bahari yang potensial.

Potensi bahari dan pariwisata hampir semua merata dan memiliki kesamaan sejumlah kabupaten yang berada di dua pemerintah provinsi Papua dan Papua Barat.

Kabupaten Biak Numfor, Supiori, Kepulauan Yapen, Waropen, Nabire, di Provinsi Papua dan Kabupaten Teluk Wodama dan Kabupaten Manokwari di Provinsi Papua Barat juga menyimpan berbagai potensi pariwisata.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button