Nusantara

Aktivis Polewali Mandar Evakuasi Penyu Terjebak di Tambak

INDOPOSCO.ID – Pemerhati penyu dari Komunitas Sahabat Penyu Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Yusri berhasil mengevakuasi seekor penyu lekang yang terjebak di tambak salah seorang warga di Dusun Mampie Desa Galeso.

“Kami mendapat informasi terkait keberadaan penyu yang terjebak di dalam tambak warga di Dusun Mampie, Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, kemudian kami mendatangi lokasi itu untuk dilakukan evakuasi,” kata Muhammad Yusri, Sabtu.

Ketua Komunitas Sahabat Penyu itu mengaku, proses evakuasi memakan waktu cukup lama, yakni sekitar tiga jam akibat tambak tersebut sangat luas.

“Saat tiba di lokasi, penyunya bisa terlihat tetapi kami terkendala karena tambak itu sangat luas, yakni sekitar tiga hektare sehingga cukup sulit mengejar penyu itu. Belum lagi tambak tersebut juga berlumpur,” urai Muhammad Yusri.

Setelah berhasil dievakuasi, penyu tersebut kata Muhammad Yusri selanjutnya dibawa ke Rumah Penyu Mampie untuk penanganan lebih lanjut sebelum dilepasliarkan ke laut.

Baca Juga: Peneliti Minta Aparat Tindak Tegas Pemburu Hewan Dilindungi

Ia menduga, penyu tersebut terjebak di tambak, saat naik ke pantai dan masuk ke dalam tambak akhirnya penyu tersebut sulit keluar dan terus berpindah ke tambak lain.

“Salah satu kesulitan kami juga saat mengevakuasi penyu ini karena terlalu jauh dari pantai. Mungkin karena penyu ini sering pindah dari tambak yang satu ke yang satunya lagi,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button