Nusantara

Tingkatkan Fasilitas Kesehatan Masyarakat, Bea Cukai Banjarmasin Hibahkan Ambulans

INDOPOSCO.IDBea Cukai Banjarmasin terus menunjukkan dukungan terhadap program pemulihan ekonomi nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satu perwujudan dukungan tersebut ditunjukkan melalui kegiatan hibah ambulans kepada Yayasan Wahana Bhakti Karya Husada. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (25/1/2022) di Akademi Perawatan Kesdam VI/TPR Banjarmasin ini ditujukan untuk meningkatkan fasilitas kesehatan masyarakat, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.

Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin, Kurnia Saktiyono, pada Kamis (27/1) menjelaskan, ambulans yang dihibahkan merupakan barang hasil tegahan Bea Cukai Banjamasin di tahun 2008 dan telah disetujui oleh Kementerian Keuangan untuk dihibahkan.

“Ambulans jenis Mitsubishi Pajero V46-300.2810 ditegah Bea Cukai Banjarmasin karena pada saat tiba di Indonesia terdapat dokumen yang belum dapat dipenuhi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan selaku importir. Hingga batas waktu yang ditentukan, pihak importir tidak mampu menyelesaikan proses pemenuhan persyaratan dokumen impornya, yaitu berupa surat hibah dari Jepang sebagai negara pengirim. Akhirnya ambulans tersebut ditegah dan dialihkan statusnya menjadi status barang milik negara (BMN),” jelasnya.

Namun, Kurnia menegaskan meski ambulans tersebut ditegah dan ditetapkan sebagai BMN, Bea Cukai Banjarmasin tetap mengakomodir kebutuhan masyarakat Kalimantan Selatan dengan mengizinkan penggunannya. “Ambulans selama ini memang tetap dapat dimanfaatkan dengan mekanisme pinjam pakai kepada pihak Dankensyah dan pihak Lanal Banjarmasin,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button