Nusantara

Museum Siwalima Teliti Tradisi Berbusana di Maluku

INDOPOSCO.IDMuseum Siwalima Provinsi Maluku mengegendakan penelitian mengenai tata cara dan tradisi berpakaian tradisional di 11 kabupaten/kota guna menambah informasi dan literatur khazanah keberagaman pakaian daerah untuk generasi milenial.

“Maluku memiliki banyak dan beragam busana tradisional, penggunaan dan tata cara memanfaatkannya pun berbeda-beda. Karena itu, kami tahun depan melakukan riset dan survei terkait pakaian daerah,” tutur Kepala Museum Siwalima Provinsi Maluku Jean Esther Saiya di Ambon, Maluku, Kamis.

Ia mengatakan penelitian dilakukan untuk mengumpulkan lebih banyak informasi dan pengetahuan terkait tradisi berpakaian tradisional di Maluku. Hasil penelitian akan dijadikan sebagai literatur dan catatan “budaya bapake” di Museum Siwalima.

Baca Juga : Ikan Kodok Maluku, Ikon Wisata yang Butuh Perhatian Khusus

Penelitian tersebut, ucap Jean, akan melibatkan perguruan tinggi, lembaga riset, budayawan, ahli sejarah dan antropolog di Maluku. Kolaborasi penelitian akan menjadi catatan penting sebagai penyediaan informasi yang beragam bagi generasi milenial.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button