Nusantara

Gubernur Jatim Ajak Masyarakat Hidupkan Kembali Tradisi Menanam

INDOPOSCO.IDGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk menghidupkan kembali tradisi menanam sesuai dengan salah satu falsafah hidup Sunan Kalijaga bahwa “Urip iku urup”.

“Orang hidup itu harus bisa memberikan kehidupan, sebuah referensi sederhana tapi dalam maknanya karena kita hidup maka punya tugas untuk menghidupkan. Salah satu yang bisa dihidupkan adalah daya dukung alam ekosistem kita,” tutur Khofifah saat mendatangi Program Penanaman Mangrove bertajuk”Nandur Mangrove Bareng Gubernur Jatim” di Pantai Bohay Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, seperti dikutip Antara, Minggu (26/12/2021).

Ia mengajak agar masyarakat jangan pernah berhenti untuk menanam karena sejatinya alam selama terlalu banyak tereksploitasi karena alasan kebutuhan manusia, sehingga bisa mengawali aktivitas menanam kapan saja.

“Kegiatan tanam mangrove merupakan upaya bentuk dukungan Pemprov Jatim terhadap program rehabilitasi mangrove nasional sebagai upaya perlindungan garis pantai dari abrasi, sekaligus pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat,” tuturnya.

Khofifah mengapresiasi pesatnya gerakan menanam mangrove di lingkungan Kabupaten Probolinggo karena sejak adanya gerakan itu terbukti bahwa pada 7 wilayah kecamatan yang memiliki kawasan mangrove yang bagus, para nelayan tidak harus lagi mencari ikan pada radius yang terlalu jauh.

“Apa yang ditanam hari ini di Pantai Bohay mudah-mudahan menjadi ladang jariyah dan menguatkan ekosistem, serta daya dukung alam bagi anak cucu kita, bahkan dengan itu juga berkontribusi terhadap proses revitalisasi dalam membangun ekosistem dunia,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button