Nusantara

Disperindag Banten Pacu Ekspor Pelaku Usaha Kecil untuk Tingkatkan Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Ekspor dari wilayah Banten ke sejumlah negara Asia, Eropa hingga Amerika mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Banten, dari negatif menjadi positif. Setidaknya pada kuartal III 2021, tumbuh menjadi 4,62 persen.

Nilai ekspor Banten pada Oktober 2021 senilai 1.117,69 juta USD. Nilai ekspor non migas senilai 1.113,26 juta USD, penyumbang terbesarnya dari alas kaki senilai 203,38 juta USD. Kemudian negara tujuan ekspor non migas terbesar ke Amerika, senilai 193,98 juta USD.

“Dengan nilai ekspor naik, itu ternyata meningkatkan laju perekonomian Banten, yang tadinya negatif jadi positif. Makanya saya lagi galak untuk pacu ekspor. Ini sinergi, ternyata Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan melalui bea cukai itu sedang menggenjot ekspor,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banten, Babar Suharso, Rabu (22/12/2021).

Babar mengaku pihaknya membantu Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menembus pasar ekspor, melalui pelatihan dan coaching eksport program yang dilakukan sejak Maret hingga Desember 2021.

Baca Juga : Semua Tempat Usaha di Aceh Barat Wajib Tutup saat Salat Magrib

Ada 30 IKM dan UMKM yang mengikuti pelatihan, hasilnya ada 15 peserta yang bisa menembus pangsa pasar ekspor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button