Nusantara

Alat Pendeteksi Tsunami di Laut Selatan Cianjur Rusak

INDOPOSCO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, mencatat 5 alat pendeteksi Tsunami Early Warning System (TEWS) yang terpasang di laut selatan Cianjur sudah tidak berfungsi karena rusak akibat dikonsumsi usia dan cuaca, sejak 4 tahun terakhir.

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan alat pendeteksi tsunami yang dipasang sejak beberapa tahun lalu, oleh BNPB yang terpasang di 3 pantai di 3 kecamatan wilayah selatan yaitu Kecamatan Cidaun, Sindangbarang dan Agrabinta.

“Alat tersebut sudah terpasang beberapa tahun yang lalu, namun sejak 4 tahun terakhir sudah rusak dan tidak berfungsi. Kita tidak dapat melakukan perbaikan karena milik BNPB,” tuturnya, seperti dikutip Antar, Rabu (1/12/2021).

Berita Terkait

Ia menjelaskan hancurnya alat tersebut karena lapuk dikonsumsi usai dan faktor cuaca, sehingga tidak dapat berfungsi. Pihaknya telah melaporkan hal tersebut, hingga saat ini, belum ada perbaikan atau balasan pasti dari BNPB kapan alat pendeteksi tsunami akan diperbaiki.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button