Nusantara

Sultan HB X Dorong Penguatan Desa Mandiri Budaya

INDOPOSCO.ID – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mendorong penguatan Desa Mandiri Budaya (DMB) dengan memperhatikan keterlibatan warga dalam pengelolaannya.

Sultan dalam “Sharing Session Leadership: Penguatan Desa Mandiri Budaya” di Yogyakarta, Senin, mengatakan bahwa kesuksesan DMB tergantung pengorganisasian dan SDM pelakunya.

“Saya menunggu munculnya embrio gagasan tentang bentuk simplifikasi struktur organisasi dan hubungan fungsional lintas OPD itu karena program DMB melibatkan 15 OPD DIY dan OPD kabupaten/kota,” kata dia.

Sultan menuturkan DMB adalah sebentuk desa model yang dikelola secara terpadu dengan tetap memperhatikan peran warga dalam pengelolaannya.

DMB menjadi penting, menurut dia, karena memiliki berbagai peran strategis, dan bisa memberikan identitas desa yang spesifik. Dampak dari penetapan desa model itu, memotivasi peningkatan kesadaran dan peranserta warga dalam DMB.

Dalam pengelolaan DMB, ia mengusulkan diterapkan simplifikasi pengorganisasian lintas sistemis dan fungsional( Cross Structural and Functional Organization) dengan membentuk Satgas Semi Full-Time.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button