Nusantara

Demo di Banten, Pemuda Pancasila Minta Megawati Pecat Junimart Girsang dari DPR

INDOPOSCO.ID – Organisasi Pemuda Pancasila (PP) menggelar aksi demontrasi di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat DAerah (DPRD) Banten, Senin (29/11/2021).

Mereka menuntut Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang untuk meminta maaf atas stetmennya tentang usul pembubaran ormas Pemuda Pancasila.

Selain itu, mereka juga mendesak Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri untuk memberhentikan Junimarti dari anggota DPR.

Sebab stetmennya dinilai telah menyakiti insan pemuda pancasila yang tidak hanya berada di akar rumput, tetapi juga yang berada di jajaran parlemen.

Koordinator lapangan aksi, Emustaghfirin mengatakan, pernyataan Junimart Girsang tersebut secara jelas menunjukkan karakter beliau yang tidak paham terkait ketatanegaraan.

“Saudara Junimarti Girsang seharusnya memahami bahwa Kemendagri tidak memiliki kewenangan untuk membubarkan Ormas. Kewenangan pembubaran Ormas kembali dialihkan kepada pemerintah berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Ormas,” katanya.

Ia menerangkan, sebuah Ormas dapat dibubarkan jika melakukan pelanggaran hukum atau memiliki ideologi di luar Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang dapat mengancam pondasi bangsa.

Baca Juga: Koordinator Demo Pemuda Pancasila Diminta Penuhi Panggilan Polisi

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button