Nusantara

Tunjuk Banten sebagai Badan Publik Informatif, Komisi Informasi Pusat Digugat ke PTUN

INDOPOSCO.ID – Penganugerahan atau penghargaan kepada Provinsi Banten sebagai Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi (KI) Pusat saat ini mulai dipersoalkan. Bahkan KI Pusat yang memberikan penghargaan tersebut akan digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Alasannya, nilai yang diperoleh Provinsi Banten masuk kategori menuju informatif bukan informatif. Sehingga, Provinsi Banten seharusnya berdasarkan nilai yang diperoleh hanya masuk kategori Badan Publik Menuju Informatif.

Pengamat kebijakan publik, Moch Ojat Sudrajat menegaskan, pihaknya mempersoalkan kategori penghargaan kepada Provinsi Banten sebagai Badan Publik Informatif karena nilai yang diperoleh hanya 91,70.

“Berdasarkan Peraturan Komisi Informasi (Perki) Nomor 5 tahun 2016, Pasal 8 dijelaskan bawa hasil akhir dari pemeringkatan keterbukaan informasi badan publik berupa kualifikasi yang terdiri atas informatif dengan nilai 97-100; menuju informatif dengan nilai 80-96; cukup informatif dengan nilai 60-79; kurang informatif dengan nilai 40-59; dan tidak informatif dengan nilai <39 (kurang dari tiga puluh sembilan),” ujar Ojat kepada Indoposco.id, Minggu (28/11/2021).

Baca Juga : UMP Banten Akan Jadi Acuan Kenaikan UMK Tahun 2022

Ojat mengatakan, pihaknya akan menggugat Komisi Informasi Pusat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta jika tidak merevisi atau membatalkan penghargaan kepada Provinsi Banten sebagai Badan Publik Informatif tersebut

“Bahwa adapun dasar pertimbangan dilakukannya gugatan kepada Komisi Informasi Pusat atas penganugrahan status/kategori Provinsi Informatif kepada Provinsi Banten adalah karena tidak sesuai dengan aturan yang digunakan sebagai acuannya yaki Perki Nomor 5 Tahun 2016, pada Pasal 8,” tegas Ojat.

Ojat menjelaskan berdasarkan berita di salah satu harian lokal di Banten edisi 27 Oktober 2021, bahwa “Pemprov Banten Dapat Status Badan Publik Informatif” yang kemudian disusul dengan “Pers Rilis Nomor : 480/569-RLS.ADPIM/XI/2021 tanggal 24 November 2021” dengan judul “ Komisi Informasi Pusat Apresiasi Keterbukaan Informasi Provinsi Banten” jelas tertulis bahwa Provinsi Banten raih penghargaan sebagai Badan Publik Informatif.

“Atas dasar berita harian lokal edisi 27 Oktober 2021 tersebut, saya selaku pemohon/penggiat informasi di Provinsi Banten telah mengirimkan surat keberatan atas status/kategori informatif kepada Provinsi Banten pada tanggal 12 November 2021 dan surat keberatannya sudah diterima pada tanggal 15 November 2021,” kata Ojat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button