Nusantara

Kapolda Jatim Gelar Turnamen Pencak Silat, Ini Pesan Irjen Nico Afinta

INDOPOSCO.IDKapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta secara langsung memimpin upacara pembukaan turnamen Pencak Silat Remaja, Piala Kapolda Jatim, di gedung Mahameru Mapolda Jatim, pada Jumat (26/11/2021).

Turnamen ini digelar dari tanggal 26 – 29 November 2021 dengan bekerjasama dengan Dispora Provinsi Jatim, Ikaran Pencak Silat Indonesia (IPSI). Ada pun tujuannya adalah untuk meminimalisir terjadinya konflik antar perguruan silat dan mencari bibit yang berprestasi.

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini antara lain adalah untuk mewujudkan sportifitas, jiwa kesatria dan jujur.

Baca Juga : Apel Pasukan Ops Zebra Semeru 2021, Irjen Nico Afinta : Jaga Sinergitas, Sabar dan Komunikasi

“Karena kita ingin mengadakan pertandingan ini untuk sekaligus menjaga kamtibmas. Karena adik-adik mungkin berlatih perlu ada pertandingan menunjukkan prestasi,” ucapnya.

“Harapannya kalau ada pertandingan-pertandingan maka akan mengurangi tawuran antar adik-adik ini, sehingga ada wadah, menjadi wadah yang baik, wadah yang positif nantinya kalau ada yang berprestasi kami bisa juga nanti menjaring mereka sebagai anggota polisi,” tandasnya.

Kapolda juga berpesan kepada orang tua dan ketua perguruan Pencak Silat, untuk membina adik-adiknya dengan baik, untuk mewujudkan generasi yang tangguh.

Baca Juga : Ciptakan Tertib Lalu Lintas, Polda Jatim Luncurkan 12 Unit Mobil INCAR dan Aplikasi SKRIP

“Pesan saya kepada orang tua, tolong kita bina adik-adik ini dan titip juga kepada ketua perguruan pencak silat, titip adik-adiknya dibina dengan baik, sehingga nanti mewujudkan generasi yang tangguh, untuk mewujudkan Jawa Timur yang lebih baik,” ungkapnya.

Kapolda mengatakan, turnamen ini rencananya digelar tiap tahun, tidak hanya di provinsi, namun juga di Kabupaten dan Kotamadya.

Perlu diketahui, turnamen Pencak Silat diikuti sebanyak 38 kontingen terdiri dari 304 pesilat dari berbagai perguruan silat, mewakili Polres Jajaran Polda Jatim.

Dari masing-masing Polres jajaran menghadirkan 8 kelas yang sudah melalui pertandingan seleksi tingkat kab/kota di tiap-tiap polres, yang terdiri dari 4 putra dan 4 putri.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button