Nusantara

Sukses Piloting Single Submission Pengangkut, Bea Cukai Batam Komitmen Permudah Pelayanan

INDOPOSCO.ID – Sebagai wujud implementasi Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan National Logistics Ecosystem (NLE), Bea Cukai Batam melaksanakan piloting layanan Single Submission (SSm) Pengangkut di Batam, pada Rabu, 17 November 2021.

Kepala Seksi Manifest Bea Cukai Batam, Wahyu Setiaji, menjelaskan bahwa SSm Pengangkut memiliki tujuan untuk menyediakan sistem/fasilitas yang memungkinkan para agen pengangkut melakukan proses clearance dengan mudah. Sehingga dengan satu kali pengiriman superset data, agen pengangkut telah menyelesaikan kewajibannya ke seluruh satuan kerja di pelabuhan. Dalam hal ini, antara lain Bea Cukai Batam, KSOP Batam, BP Batam, Imigrasi Batam dan Karantina Batam.

“Dalam piloting ini, kami lakukan transaksi perdana dalam kegiatan agen pengangkut Jaticatur Niaga Trans. Terdapat empat aspek yang diperhatikan, yaitu pengajuan RKSP dan inward manifest, pengajuan izin dari karantina (COP), pengajuan warta kedatangan kapal, dan pengajuan perizinan imigrasi. Secara umum semuanya berjalan lancar meskipun terdapat beberapa catatan,” ujar Wahyu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button