Nusantara

Lebak Siaga Hadapi Banjir dan Longsor

INDOPOSCO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, memberlakukan siaga menghadapi banjir dan longsor bersamaan curah hujan cenderung meningkat menyusul memasuki badai La Nina.

“Kami pagi ini belum menerima laporan banjir dan longsor, meski curah hujan berlangsung sejak dini hari,” kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak Febby Rizky Pratama di Lebak, Selasa (23/11/2021).

BPBD Lebak hingga kini siaga selama 24 jam, karena intensitas curah hujan dengan kapasitas frekuensi ringan, sedang dan lebat meningkat.

Peluang curah hujan itu mulai pagi, siang, sore, malam hingga dini hari.

Curah hujan seperti itu tentu berpotensi menimbulkan bencana banjir dan longsor, karena lokasi alam Kabupaten Lebak terdapat aliran sungai juga perbukitan dan pegunungan.

Karena itu, masyarakat yang tinggal di daerah langganan banjir dan longsor agar meningkatkan kewaspadaan untuk mengurangi resiko kebencanaan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Penetapan siaga bencana alam tersebut karena diperkirakan puncak badai La Nina hingga Januari 2022.

“Kami minta aparat desa/ kelurahan, kecamatan juga masyarakat agar tetap waspada menghadapi bencana alam itu,” ujarnya menjelaskan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button