Nusantara

Di Kediri Banyak Ditemukan Prasasti Bertuliskan Aksara Kawi

INDOPOSCO.ID – Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha, Kerja Sama dan Marketing Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) Heru Nugroho menyatakan di Kediri, Jawa Timur, banyak ditemukan prasasti yang bertuliskan Aksara Kawi.

Pihaknya memiliki program menyirat Indonesia melalui digitalisasi aksara Nusantara, sehingga berinisiatif untuk membuat program digitalisasi termasuk Aksara Kawi yang hingga saat ini masih proses guna melestarikan aset budaya tersebut.

“Dari pelacakan Aksara Kawi ini di Prasasti Kediri, maka Kediri layak jadi Ibukota Aksara Nusantara, karena jejak Aksara Kawi di prasasti paling banyak di Kediri,” katanya dalam acara Kongres Aksara Kawi di Kediri, Jawa Timur, Sabtu (13/11/2021).

Ia juga menambahkan Aksara Kawi adalah induk seluruh aksara yang lahir di Nusantara. Untuk itu, pihaknya berniat menghidupkan kembali Aksara Kawi, sehingga bisa dipahami, diingat, dilestarikan dan diharapkan juga dipakai.

Salah satu caranya dengan memanfaatkan digital. Jika saat ini pesan di WhatsApp bisa diganti dengan bahasa lain misalnya Korea, Arab, saat ini aksara Nusantara belum satu pun kecuali yang diinstal. Padahal, harapannya bisa otomatis.

Demi mendukung digitalisasi Aksara Kawi, saat ini sedang diurus ke lembaga Unicode. Proposal juga sudah disusun diterima untuk Aksara Kawi.

Dengan didukung bukti-bukti dari hasil pelacakan prasasti, dokumentasi, sudah diterima oleh Unicode dan saat ini masih menunggu proses lebih lanjut di dalam negeri.

Di Indonesia, beberapa yang sudah didigitalisasikan saat ini di antaranya adalah Jawa, Sunda, Bali, Bugis atau Aksara Lontaraq, Jangang-jangang atau Aksara Makassar, Rejang, Batak dan lainnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button