Nusantara

Lowongan Guru di Daerah 3T Kurang Diminati

INDOPOSCO.IDLowongan pekerjaan guru di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) kurang diminati dalam pendaftaran pegawai pemerintah menurut pejabat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Kita lihat dari waktu pendaftaran guru P3K, daerah-daerah yang tidak banyak diminati adalah daerah 3T. Kira-kira ada jabatan yang tidak dilamar itu lumayan banyak karena mereka memang tidak mau,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nunuk Suryani.

Baca Juga : Seleksi Guru PPPK Tahap 2 Dibuka November, Kemendikbudristek: Jangan Ikut Bimbel Berbayar

Saat dihubungi dari Jakarta, Senin, Nunuk menyebutkan bahwa ada 179.769 lowongan posisi guru di daerah 3T yang tidak ada pelamarnya dalam pendaftaran pegawai pemerintah, Senin (8/11/2021), seperti dikutip Antara.

Daerah 3T yang dia maksud antara lain Nias Utara, Halmahera Utara, Barito Selatan, Timur Tengah Selatan, Halmahera Tengah, Maluku Barat Daya, Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Nias, Maluku Tengah, Pulang Pisau, Pulau Barito, Lombok Barat, Kutai Barat, Halmahera Timur, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Tanimbar.

Nunuk mengemukakan, kekurangan guru bisa meningkatkan kesenjangan kemampuan dan keterampilan peserta didik di daerah-daerah 3T.

Baca Juga : Mendikbudristek Apresiasi Ketangguhan Guru di Masa Pandemi

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button