Nusantara

Pemkab Banjarnegara Pantau Wilayah Rawan Longsor

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah kembali memaksimalkan pemantauan terhadap wilayah- wilayah yang rawan longsor guna mensupport upaya penurunan resiko bencana.
“Dalam rangka mitigasi bencana maka Pemkab Banjarnegara melakukan pemantauan bersama pihak-pihak terkait sampai dengan tingkat desa,” ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Banjarnegara R. Saritomo ketika dihubungi dari Purwokerto, Selasa.

Tujuannya, kata dia, sebagai langkah antisipasi terhadap ancaman bencana longsor yang bisa terjadi sewaktu-waktu menyusul peningkatan curah hujan di wilayah setempat.

“Selain melakukan pemantauan kami juga melakukan koordinasi ketat dengan relawan-relawan penanggulangan bencana sebagai salah satu upaya meningkatkan kesiapsiagaan,” ujarnya.

Dia menambahkan pemantauan dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari patroli secara langsung hingga mengintensifkan komunikasi dengan pemerintah desa.

“Kami juga mengintensifkan sinergi dan koordinasi dengan para relawan yang ada di masing-masing desa,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya terus berupaya meningkatkan kewaspadaan masyarakat dengan memberikan informasi dan edukasi secara berkala baik secara langsung maupun melalui media sosial.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button