Nusantara

Mahasiswa: Petani Terjerumus dalam Jurang Kemiskinan

INDOPOSCO.ID – Mahasiswa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Banten, melakukan refleksi Hari Tani Nasional yang ke 58 tahun di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten, Jumat (24/9/2021).

Mereka menilai, hari demi hari petani semakin masuk dalam jurang kemaskinan. Padahal, wilayah Provinsi Banten masih didominasi masyarakat yang berprofesi petani.

Ketua Eksekutif Wilayah LMND Banten, Abu Bakar mengatakan, situasi objektif saat ini masih banyak perampasan lahan atas dasar kepentingan negara tetapi menegasikan kehidupan dan hak dasar petani menjadi lebih sengsara.

Menurutnya, persoalan konflik agraria yang ada saat ini, tidak senafas dengan yang diinginkan petani dan para pemimpin bangsa dahulu yang termaktub dalam Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) 1960.

“Sistem ekonomi liberal yang mencekam kehidupan rakyat saat ini sudah menggila dan menjadikan petani terjerumus dalam jurang kemiskinan,” katanya saat orasi, Jumat (24/9/2021).

Ia menyebutkan, Provinsi Banten memiliki wilayah pertanian sangat melimpah nan masyhur. Tetapi, petani harus menjadi korban kebijakan ugal-ugalan yang diterapkan oleh negara tanpa memikirkan dampak buruk.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button