Nusantara

Kemendagri Masih Menelaah Usulan Pemberhentian Sekda Banten

INDOPOSCO.ID – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hingga saat ini masih menelaah usulan pemberhentian Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Al Muktabar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan, ketika dihubungi Indoposco.id, Selasa (21/9/2021) menjelaskan, pihak Kemendagri telah menerima surat usulan pemberhentian Sekda Banten Al Muktabar, yang disampaikan Pemprov Banten dalam hal ini Gubernur Banten Wahidin Halim.

“Yang kami terima itu adalah surat usulan pemberhentian Sekda Banten dengan lampiran surat pengunduran diri Sekda Banten Al Muktabar. Saat ini masih ditelaah oleh tim di Kemendagri,” ujar Benni.

Benni menjelaskan karena Sekda dilantik dan ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Presiden tentu pemberhentian juga melalui SK Presiden.

“Mekanisme pemberhentian itu disampaikan pemerintah provinsi kepada Presiden melalui Kemendagri. Saat ini memang Kemendagri sedang menelaah lebih jauh, mengkaji lebih jauh tentang usulan Pemprov Banten tersebut,” katanya.

Benni sekali lagi menegaskan tim Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah sedang mengkaji dan menelaah surat usulan pemberhentian Sekda Banten itu sebelum sampai ke meja Presiden Jokowi.

“Kajian dan telaahan itu berkaitan dengan banyak aspek baik dari segi aturan maupun aspirasi daerah dalam hal ini Pemprov Banten. Tokoh masyarakat, Gubernur dan Wakil Gubernur juga akan ditanya pendapatnya termasuk situasi terkini di Pemprov Banten saat ini. Situasi terkini yang dimaksud di sini yakni terkait roda pemerintahan apakah berjalan efektif atau tidak,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button