Nasional

Menag Ajak Santri Miliki Komitmen Bela Tanah Air di Sepanjang Hidupnya

INDOPOSCO.ID – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak para santri wajib memiliki serta menumbuhkan komitmen bela Tanah Air di sepanjang hidupnya, sebab peran santri vital dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan.

“Ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia,” ujar Yaqut saat membuka peringatan Hari Santri Nasional 2021 yang diikuti secara virtual dari Jakarta, Selasa (21/9).

Yaqut mengatakan bela Tanah Air ini sesuai dengan tema yang diangkat pada tahun ini yakni Santri Siaga Jiwa Raga. Para santri adalah aset luar biasa yang dimiliki Indonesia. Dari para santri inilah bangsa Indonesia memiliki karakter yang kuat.

“Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela Tanah Air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren,” kata dia, dikutip dari Antara.

Menag Yaqut menegaskan Siaga Jiwa bermakna bahwa santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’ alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia.

Karenanya, kata dia, santri tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button