Nusantara

Warga Gunung Kidul Dilanda Kekeringan

INDOPOSCO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga saat ini, telah menyalurkan air bersih sebanyak 1.700 tangki kepada warga terdampak kekeringan di wilayah ini.

Kepala Pelaksana BPBD Gunung Kidul Edy Basuki di Gunung Kidul, Senin, mengatakan saat ini masih ada beberapa wilayah yang masih membutuhkan penyaluran air bersih karena mengalami krisis air.

“Distribusi air bersih kepada warga terdampak kekeringan pada 2021 ini cukup tinggi, di luar prediksi sebanyak 50 persen dari total 2.200 tangki. Pada 2020, distribusi hanya mencapai 50 persen atau sekitar 1.000 dari 2.000 tangki yang dialokasi, namun tahun ini naik drastis,” kata Edy.

Menurut dia, tahun lalu masa musim kemarau terbilang lebih pendek dibandingkan tahun ini. Sebagai contoh, di 2020 lalu dropping air bersih dilakukan mulai akhir Juli hingga awal Oktober. Sedangkan untuk tahun ini, distribusi air bersih sudah dilakukan sejak awal Juli dan masih berlangsung hingga kini.

“Krisis air tahun ini tidak separah periode 2018-2019. Adapun pihaknya memperkirakan krisis air bersih kali ini bisa berlangsung hingga Oktober nanti,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button