Nusantara

Goa Tapak Raja Kaltim Akan Jadi Favorit Wisatawan

INDOPOSCO.ID – Goa Tapak Raja di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) diyakini akan menjadi salah satu wisata alam terfavorit bagi wisatawan, setelah Ibu Kota Negara (IKN) baru pindah ke provinsi ini pada 2024 mendatang.

“Saat ini saja sudah banyak yang berkunjung, mulai pejabat tingkat provinsi maupun kabupaten dalam rangka tugas kedinasan, hingga masyarakat umum,” ujar Kepala Desa Wonosari Kasiyono seperti dikutip Antara, Sabtu (11/9/2021).

Apalagi jika ke depan IKN baru sudah pindah ke Kabupaten PPU, tepatnya di Kecamatan Sepaku, tentu yang berkunjung bukan hanya warga Kaltim, tapi tamu negara dan masyarakat luas pun akan tertarik mengunjungi goa yang umurnya sudah ribuan tahun tersebut.

Goa Tapak Raja ini berada di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku. Goa tersebut pertama kali ditemukan oleh warga setempat tahun 1983, sejak awal adanya transmigrasi ke kawasan itu. Ia optimistis goa ini akan terus menjadi destinasi wisata favorit karena tidak banyak daerah yang memiliki wisata goa. Terlebih goa ini memiliki keunikan tersendiri, tidak ada daerah lain yang menyamai.

“Di dalam goa ini terdapat stalaktit yang menyerupai tapak kaki manusia berukuran besar, makanya goa ini kemudian dinamakan Goa Tapak Raja. Stalaktit tersebut menggantung dari langit-langit goa,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button