Nusantara

Vaksinasi Ketiga untuk Nakes di Banten Capai 57 Persen

INDOPOSCO.ID – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meninjau pelaksanaan Vaksinasi Merdeka di Pesantren Ikhlas Salman Al Farisi, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Selasa (7/9). Dalam kegiatan yang digelar serentak secara Nasional di 341 titik tersebut, Andika mengungkapkan, vaksinasi Covid-19 dosis ketiga untuk tenaga kesehatan di Banten telah mencapai angka 57,07 persen.

“Alhamdulillah untuk dosis ketiga bagi garda terdepan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yakni para nakes, di Banten itu angkanya sudah 57,07 persen,” kata Andika kepada pers usai kegiatan yang secara Nasional ditinjau Presiden Joko Widodo didampingi Kapolri Jenderal Pol Sigit Listyo Prabowo di Ponorogo Jawa Timur tersebut.

Untuk angka cakupan vaksinasi di Banten sendiri secara keseluruhan Andika memerinci, sampai dengan 5 September lalu sebanyak 2.828.486 sasaran atau sebesar 30,65 persen dari total sasaran yang telah mendapat dosis pertama. Berikutnya, sebanyak 1.630.135 sasaran yang telah mendapat vaksin dosis kedua atau sebesar 17,66 persen dari total sasaran sebanyak 9.229.383 sasaran. “Ini angka keseluruhan vaksinasi dengan sasaran yang terdiri dari SDM kesehatan para nakes tadi, petugas publik seperti TNI/Polri dan PNS, lalu lansia dan masyarakat umum,” katanya.

Sedangkan untuk dosis ketiga, lanjutnya, telah diberikan kepada 26.005 tenaga kesehatan atau sudah mencapai 57,07 dari total 45.566 sasaran tenaga kesehatan.

Lebih jauh Andika mengatakan, program penanggulangan Covid-19 di Provinsi Banten fokus pada aspek penanganan kesehatan, program perlindungan sosial serta pemulihan ekonomi. Dinas Kesehatan Provinsi Banten, lanjutnya, telah menginisiasi penambahan vaksinator sebagai upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk komitmen bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Banten.

Mengutip data Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Andika mengatakan, kini terdapat sebanyak 760 orang tenaga pelaksana vaksinasi yang terdiri dari 120 orang tenaga vaksinator, 120 orang tenaga asisten vaksinator, 120 orang tenaga screening dan 400 orang tenaga input data picare.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button