Nusantara

Bea Cukai Banten Fasilitasi FollowMe Ekspor Parfum ke Papua New Guinea

INDOPOSCO.ID – PT FollowMe Indonesia, industri kecil dan menengah (IKM) binaan Kanwil Bea Cukai Banten, khususnya Bea Cukai Tangerang, yang memproduksi parfum dan barang-barang kebutuhan sanitasi (hand sanitizer, hand wash, gel sanitizer, spray desinfectan), kembali melakukan ekspor parfum untuk kali yang kedua ke Papua New Guinea (PNG) setelah ekspor perdananya pada Januari 2021.

“Selama ini kami melakukan asistensi dan pendampingan untuk mengetahui kebutuhan PT FollowMe dalam meningkatkan kapasitas produksinya dan meminimalisir hambatan dalam pengurusan eskpornya. Mulai dari pemberian penambahan kuota kebutuhan bahan penolong (etil alkohol), pemberian informasi terkait tata laksana ekspor, memberikan dukungan moril bagi pemasaran produknya di pasaran lokal dengan memberikan kesempatan melakukan pameran di Kanwil Bea Cukai Banten, dan pendampingan untuk pemenuhan persyaratan ekspor, serta pendampingan dalam proses pembuatan dokumen ekspor,” ungkap Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Banten, Rahmat Subagio, Rabu (1/9).

Dikatakan Rahmat, PT FollowMe memanfaatkan fasilitas pembebasan cukai etil alkohol yang diberikan oleh Kantor Pusat Bea Cukai melalui dan atas rekomendasi dari Bea Cukai Tangerang, “Yaitu salah satu fasilitas pembebasan pembayaran cukai yang diberikan pemerintah melalui Bea Cukai atas etil alkohol yang digunakan sebagai bahan penolong dalam proses produksi. Karena sesungguhnya etil alkohol adalah salah satu obyek pemungutan cukai.”

Fasilitas ini menurutnya adalah inisiatif Bea Cukai mendorong pertumbuhan industri khususnya dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dimasa pandemi Covid-19. “Kanwil Banten mendukung program PEN dengan memetakan industri-industri di wilayah Banten yang membutuhkan dukungan pemerintah untuk terus survive di tengah gempuran efek negatif akibat pandemi covid 19, khususnya industri kecil dan menengah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button