Nusantara

Dispendik Surabaya Ungkap Masih Banyak Wali Murid Tak Izinkan Anaknya Ikut PTM

INDOPOSCO.ID – Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya menyebut masih sedikit wali murid sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pelajar (SMP) di kota itu yang mengizinkan anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM).

Kepala Dispendik Surabaya Supomo mengatakan pelaksanaan PTM terbatas tetap mengutamakan persetujuan dari wali murid dalam bentuk pesan. Dalam surat tersebut, murid harus diizinkan oleh orang tua atau walinya untuk mengikuti PTM terbatas.

“Yang tidak kalah penting adalah kami meminta kemauan kepada wali murid dalam bentuk surat pernyataan kalau anaknya diperkenankan untuk mengikuti PTM,” kata Supomo seperti dikutip Antara, Selasa (31/8/2021).

Berdasarkan data yang dimiliki Dispendik Surabaya, lanjut dia, untuk jenjang SMP hingga saat ini baru sekitar 6,4 persen wali murid yang menyetujui atau mengizinkan anaknya mengikuti PTM terbatas dari total sekitar 115.000 siswa SMP di Kota Surabaya.

“Untuk yang siswa SD sudah lebih banyak wali murid yang menyetujui. Persentasenya sebesar 9,2 persen,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa persentase wali murid tertinggi yang mengizinkan anaknya untuk mengikuti PTM datang dari pusat kegiatan belajar masyarakat( PKBM), yaitu 50,2 persen. Lalu, hanya sekitar 0,5 persen wali murid dari lembaga kursus dan pelatihan (LKP) yang mengizinkan putra-putrinya untuk mengikuti PTM terbatas.

“PKBM itu, seperti kejar paket A, B, dan C itu persentasenya sebesar 50,2 persen. Sementara dari LKP hanya 0,5 persen saja,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button